Sukses

Cara Mencegah Serangan Asma Mendadak

Serangan asma dapat terjadi secara tiba-tiba, kapanpun dan di manapun. Untuk menghindarinya, Anda dapat melakukan beberapa pencegahan. Baca selengkapnya di sini.

Asma adalah jenis penyakit pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan keluarnya lendir-lendir di sekitar saluran pernapasan. Serangan asma biasanya timbul karena beberapa faktor, misalnya debu atau dingin. Namun factor yang paling sering memicu adalah stres dan kelelahan.

Walaupun bagi sebagian orang asma adalah penyakit ringan, tapi sebagian lainnya menganggap asma sebagai penyakit berat yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Berikut ini beberapa cara mencegah dan meminimalkan risiko serangan asma:

  1. Cari penyebab. Setelah didiagnosis asma oleh dokter, segera cari tahu penyebabnya. Terapi utama dari asma adalah dengan menjauhi alergen.
  2. Hindari penyebab. Dengan menghindari penyebab, kemungkinan untuk terserang asma dapat diminimalisir. Meski demikian kemungkinan kambuh–terutama karena penyebab yang tidak diketahui sebelumnhya, tetap ada.
  3. Jaga kebersihan lingkungan sekitar. Debu atau kotoran merupakan penyebab asma yang sering ditemukan.  Jadi jangan biarkan barang disekitar Anda diselimuti debu.
  4. Gunakan masker. Saat keluar rumah, jangan lupa untuk menggunakan masker, apalagi jika Anda menggunakan kendaraan umum.
  5. Jauhi stres dan kelelahan. Dua hal ini termasuk dalam faktor risiko terjadinya serangan asma. Saat Anda dituntut untuk bekerja seharian, sebaiknya minum suplemen vitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  6. Tahan emosi. Kendalikan emosi Anda yang meluap-luap agar serangan asma tidak datang serangan asma datang.
  7. Konsultasi ke dokter. Lakukan pemeriksaan ke dokter secara rutin, terutama jika asma Anda masuk dalam kategori asma persisten sedang-berat.

Terapkan tujuh hal di atas dalam kehidupan sehari-hari Anda agar keluhan asma tidak bertambah berat maupun datang secara mendadak.

(RS/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar