Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan Anak3 Alasan Penting Vaksinasi pada Anak
Kesehatan Anak

3 Alasan Penting Vaksinasi pada Anak

dr. Kartika Mayasari, 10 Agt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tahukah Anda bahwa vaksinasi pada anak penting untuk dilakukan? Cari tahu selengkapnya di sini.

3 Alasan Penting Vaksinasi pada Anak

Setiap orangtua akan melakukan yang terbaik untuk anaknya. Kesehatan, pendidikan, dan semua yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak tak luput dari perhatian.

Namun, pentingnya vaksinasi bagi anak sering luput dari perhatian. Apalagi dengan adanya kasus vaksin palsu yang membuat sebagian besar orangtua takut untuk memvaksinasi anaknya. Padahal vaksinasi adalah salah satu faktor penunjang yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak.

Ini adalah tiga alasan penting mengapa anak perlu vaksinasi:

  1. Vaksinasi dapat menyelamatkan hidup anak

Berkat kemajuan ilmu kedokteran, anak bisa mendapatkan perlindungan dari beberapa penyakit yang merenggut banyak jiwa di seluruh dunia. Polio adalah salah satu penyakit berbahaya yang dapat dicegah dengan pemberian vaksin.  Perlu diketahui, vaksin hanya akan diberikan setelah melalui penelitian panjang oleh para ilmuwan, dokter, dan profesional kesehatan.

Vaksinasi adalah tindakan yang sangat aman dan efektif. Meski demikian vaksin juga dapat menimbulkan keluhan, seperti; nyeri, kemerahan pada kulit, atau nyeri di tempat suntikan. Sedangkan efek samping serius setelah vaksinasi, seperti reaksi alergi yang parah sangat jarang ditemukan. Bahkan bisa dibilang manfaat yang dirasakan dari vaksinasi jauh lebih banyak dibandingkan dengan efek sampingnya.

  1. Vaksinasi dapat menghemat biaya kesehatan di kemudian hari

‘Mencegah lebih baik daripada mengobati’. Kami setuju dengan frase ini.  Anda pun bisa menjadikannya sebagai pedoman saat membawa anak untuk divaksinasi. Ingat, biaya vaksinasi tidak akan semahal biaya pengobatan apabila anak Anda terserang penyakit berbahaya nantinya. Jadikan ini sebagai investasi besar yang dapat Anda siapkan saat ini.

  1. Vaksinasi akan memberikan perlindungan tambahan pada anak

Saat bersekolah, anak akan berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang belum terjamin kebersihan serta kesehatannya. Apabila Anda telah membawa anak untuk divaksinasi sebelumnya, maka Anda tidak perlu khawatir akan ancaman berbagai mancam penyakit yang dapat menyerang anak kapan saja.

(NB/RH)

VaksinasiAnak

Konsultasi Dokter Terkait