Sukses

Jangan Lupa Merawat Payudara Saat Menyusui

Apa hubungannya merawat payudara dan menyusui? Jangan salah, kesehatan payudara bisa membuat proses menyusui menjadi lebih mudah, lho!

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalani pemberian ASI eksklusif, jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan payudara Anda. Kesehatan payudara dapat menunjang proses menyusui yang Anda lakukan, dan hal tersebut dapat dicapai dengan beberapa langkah perawatan.

Merawat Payudara Itu Penting

Berikut adalah beberapa cara merawat payudara Anda ketika menyusui:

  • Pilihlah bra khusus untuk menyusui. Jangan gunakan bra yang terlalu kencang, begitu pula pakaian yang terlalu ketat. Hal ini dapat menyebabkan tersumbatnya saluran ASI, sehingga ASI tidak dapat keluar secara sempurna.
  • Untuk memperlancar produksi ASI dan mencegah penyumbatan saluran ASI, lakukan pemijatan ringan secara rutin sebelum menyusui bayi.
  • Hindari terlalu sering menyusui bayi hanya pada salah satu payudara saja. Hal ini dapat menyebabkan payudara yang jarang digunakan menjadi bengkak, iritasi, dan infeksi.
  • Pastikan bayi menyusui dengan cara perlekatan yang benar. Teknik menyusui yang tidak benar berisiko menimbulkan lecet dan rasa nyeri pada puting. Sebagian tanda perlekatan yang benar yaitu mulut bayi terbuka lebar, hampir semua areola masuk, dagu menempel pada payudara ibu, dan tidak terdengar bunyi mencecap (hanya berdeguk).
  • Apabila telah terbentuk lecet pada payudara akibat menyusui, oleskan krim khusus untuk daerah puting yang dapat mempercepat penyembuhan (bisa peroleh dari resep dokter). Jangan lupa untuk mengoleskannya jauh sebelum waktunya menyusui, agar tidak tertelan oleh bayi.

 

Hindarilah Mastitis

Ada kalanya produksi ASI begitu berlimpah namun pengeluarannya tidak sempurna akibat adanya saluran ASI yang tersumbat, sehingga menimbulkan gejala kemerahan, panas, nyeri, bengkak, hingga dapat disertai demam. Dalam kondisi ini mungkin saja telah terjadi mastitis.

Mastitis adalah peristiwa terjadinya peradangan pada jaringan payudara yang disebabkan oleh infeksi kuman. Satu dari 10 wanita yang sedang menyusui pernah mengalami mastitis pada 3 bulan pertama setelah melahirkan.

Hindari mastitis dengan beberapa kiat berikut:

  • Menyusui secara teratur dan sering.
  • Bila ASI begitu berlimpah, keluarkan ASI dengan cara memompanya.
  • Hindari menggunakan pakaian yang ketat dan bra yang terlalu kencang.
  • Jaga kebersihan saat menyentuh payudara dengan sering mencuci tangan, misalnya setelah mengganti popok.
  • Ganti penahan payudara (breast pad) secara teratur, jangan menggunakan breast pad yang lembap dalam waktu lama.

Demikianlah cara merawat payudara Anda ketika menyusui. Payudara yang terawat dengan baik akan memungkinkan proses menyusui yang lebih lancar, sehingga anak juga akan memperoleh gizi yang mencukupi. Jangan lupa, makan bergizi, banyak mengonsumsi air putih, hindari stres, serta istirahat yang cukup juga penting untuk tubuh ibu yang sedang menyusui. [RS]

0 Komentar

Belum ada komentar