HomeGaya hidupDiet dan NutrisiSejuta Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Saluran Pernapasan
Diet dan Nutrisi

Sejuta Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Saluran Pernapasan

Klikdokter, 26 Jul 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Daun mint merupakan jenis daun yang sudah sejak lama dikenal sebagai ”daun obat”. Lalu, apa saja manfaat daun mint bagi kesehatan saluran penapasan? Berikut penjelasan lengkapnya..

Sejuta Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Saluran Pernapasan

Mint merupakan jenis daun yang sudah dikenal sejak lama banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti makanan, dan obat-obatan. Salah satu manfaat penting dari daun mint adalah kemampuannya dalam mengurangi keluhan batuk.

Jika Anda sedang mengalami serangan batuk atau infeksi saluran pernapasan, maka daun mint merupakan salah satu jenis daun yang dapat Anda coba.

Apa saja manfaat daun mint untuk saluran pernapasan?

  1. Melegakan tenggorokan

Jika Anda sedang batuk, Anda dapat mencoba minum segelas teh hangat yang dicelupkan beberapa helai daun mint. Daun mint yang dicelupkan pada teh dapat memberikan sensasi dingin yang melegakan tenggorokan. Di samping itu, uap panas dari teh hangat ini juga dapat membantu mencairkan sekreta hidung yang kental.

Untuk menambah rasa, Anda dapat memberikan sedikit madu atau lemon pada teh hangat Anda. Minumlah teh hangat ini dua sampai tiga kali sehari.

  1. Mengurangi peradangan saluran napas

Mint juga memiliki daya antiradang. Jika Anda sedang mengalami batuk yang hebat, Anda dapat menghirup uap mint. Berikut caranya:

  • Siapkan satu baskom berisi air panas.
  • Tambahkan beberapa ekstrak mint ke dalam air panas tersebut.
  • Hiruplah uap air panas yang sudah diberikan ekstrak mint tersebut selama beberapa menit. Lakukan hal ini sebanyak beberapa kali.

Uap panas yang mengandung mint dapat membantu menurunkan peradangan dan melegakan pernapasan Anda.

  1. Mengurangi ambang batas batuk

Selain manfaat di atas, mint juga dapat membantu mengurangi ambang batuk Anda. Jika Anda merasa tenggorokan Anda gatal dan mengganggu aktivitas, cobalah untuk mengonsumsi minuman hangat yang memiliki kandungan mint, atau konsumsilah obat batuk dengan kandungan mint di dalamnya. Kandungan mint tersebut mampu mengurangi ambang rangsang batuk, sehingga keluhan batuk dapat berkurang.

Kini Anda tidak perlu repot lagi mencari obat batuk yang mampu mengatasi semua masalah batuk yang Anda alami. WOODS’ hadir dengan serangkaian produk yang mampu mengatasi segala jenis batuk. Rangkaian produk WOODS’ terdiri dari:

  • WOODS’ Antitussive dan Expectorant

WOODS’ Antitussive dan Expectorant merupakan spesialis obat batuk cair yang baik dikonsumsi pada saat batuk terasa mulai menganggu aktivitas. Namun, sebelumnya wajib untuk melakukan identifikasi apakah batuk yang diderita merupakan batuk berdahak atau batuk tidak berdahak. Untuk jenis batuk tidak berdahak, WOODS’ Antitussive (WOODS’ warna merah) obatnya. Untuk jenis batuk berdahak, pilihlah WOODS’ Expectorant (WOODS’ warna biru).

  • WOODS’ Herbal

WOODS’ Herbal merupakan obat batuk cair yang terdiri dari komponen herbal, seperti daun ivy, madu, daun meniran, dan daun mint. WOODS’ Herbal dapat dikonsumsi saat mulai batuk. WOODS’ Herbal dapat digunakan oleh anak usia 2 tahun sampai usia dewasa.  Kandungan daun ivy di dalam WOODS’ Herbal terbukti secara klinis dapat membantu meredakan batuk dan melegakan pernapasan. Lalu, kandungan madu dan daun meniran dalam WOODS’ Herbal mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan. Sedangkan kandungan daun mint pada WOODS’ Herbal mampu mengatasi infeksi kuman di saluran napas, mencegah bau mulut dan membantu melegakan saluran pernapasan.

  • WOODS’ Peppermint Lozenges

WOODS’ Peppermint Lozenges adalah permen kesehatan yang digunakan untuk melegakan dan meringankan rasa sakit di tenggorokan. WOODS’ Peppermint Lozenges mengandung peppermint asli yang berfungsi melegakan tengorokan dan mentol yang berfungsi sebagai antiseptik alami. WOODS’ Peppermint Lozenges sangat baik dikonsumsi pada saat ada gangguan/sakit tenggorokan, ketika batuk, setelah mengonsumsi makanan berminyak, ataupun ketika napas kurang segar.

WOODS’ Peppermint Lozenges memiliki 6 varian reguler, yakni WOODS’ Peppermint Lozenges Original, Lemon, Cherry, Orange, Blackcurrant dan Honey Lemon. Tersedia pula 3 varian Sugar Free, yakni WOODS’ Peppermint Lozenges Sugar Free Original, Lemon, dan Licorice yang dapat dikonsumsi oleh para penderita diabetes, dan mereka yang sedang memperhatikan asupan kalori.

Batukdaun mintpernapasan

Konsultasi Dokter Terkait