Sukses

Daftar Makanan yang Perlu Dibatasi Saat Hari Raya

Sajian makanan saat Lebaran memang sangat menggiurkan, namun jika Anda memiliki masalah kolesterol atau gula darah, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan-makanan ini.

Hari raya identik dengan makanan berlimpah. Makanan yang disajikan biasanya mengandung banyak santan, daging-daging dan kue-kue. Makanan ini memang sangat menggiurkan, namun jika Anda memiliki masalah kolesterol atau gula darah, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan-makanan ini.

Yang terpenting adalah jangan melupakan obat rutin Anda seperti obat kolesterol dan obat diabetes. Setelah itu, walaupun sudah meminum obat, Anda tetap disarankan untuk mengonsumsi makanan ini secara tidak berlebihan.

Makanan yang tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol merupakan penyebab meningkatnya kadar kolesterol darah. Berikut adalah makanan yang harus Anda batasi konsumsinya:

  1. Makanan bersantan

Santan yang kaya akan lemak jenuh dan kalori, dapat meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat di tubuh. Satu cangkir santan mengandung 2.5 kali kadar lemak jenuh yang seharusnya kita konsumsi setiap hari. Menurut American Heart Association (AHA), Anda harus membatasi konsumsi lemak jenuk sebesar 16 gram per hari. Karena makanan di hari raya umumnya mengandung santan yang pastinya melebihi kebutuhan lemak jenuh kita setiap harinya, sebaiknya tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

  1. Hati sapi

Sambal ati merupakan menu yang wajib ada selama hari raya, sebagai teman sayur lodeh dan opor serta ketupat. Tapi, tahukah Anda bahwa hati mengandung banyak kolesterol sehingga akan meningkatkan kadar kolesterol tubuh? AHA telah mengatakan bahwa kadar kolesterol tinggi pada hewan terdapat pada organnya.

  1. Ayam

Ayam merupakan menu wajib saat lebaran. Tapi, tahukah Anda bahwa paha dan kulit ayam memiliki lebih banyak kandungan lemak dan kolesterol? Maka dari itu, pengolahan juga sangat berperan penting. Memasak daging ayam dengan cara direbus dan dipanggang akan lebih mengurangi kolesterol dibandingkan jika digoreng.

  1. Daging berlemak

Daging tentunya ada di menu Lebaran seperti pada semur, rendang dan lainnya. Daging yang berlemak memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi.

  1. Kue-kue

Makanan yang harus di waspadai saat Lebaran adalah kue-kue. Makanan ini terbuat dari telur, tepung dan mentega yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

0 Komentar

Belum ada komentar