Sukses

Hindari Makanan Ini Agar Tidak Mudah Stres Saat Mudik

Stres saat mudik merupakan suatu hal yang rentan terjadi. Nah, agar tidak mudah stres saat mudik, hindarilah beberapa makanan ini!

Mudik atau pulang ke kampung halaman ketika Hari Raya Lebaran merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mendekatkan diri dengan keluarga.

Mudik seharusnya menjadi peristiwa yang menyenangkan. Namun pada beberapa kondisi tertentu, seperti saat macet di perjalan, mudik justru bisa menimbulkan stres.

Namun Anda jangan khawatir, stres yang terjadi ketika mudik dapat kita lawan dengan beberapa cara. Salah satu caranya adalah dengan menghindari makanan yang jutru membuat kita semakin stres.

Nah, makanan apa saja yang dapat kita hindari untuk mencegah munculnya stres saat mudik?

  • Kafein

Kopi merupakan meinuman berkafein. Mengonsumsi kopi dalam batas yang normal, misalnya sebanyak 1-2 cangkir dalam sehari, banyak memiliki keuntungan bagi tubuh. Namun ketika kita mengonsumsi minuman berkafein ini secara berlebihan, maka hal ini justru dapat menimbulkan stres. Pasalnya, kafein dapat menstimulasi sistem saraf yang dapat menyebabkan peningkatan denyut nadi dan tekanan darah. Terlalu banyak kafein pun dapat menganggu pola tidur dan memicu dehidrasi, di mana hal ini bisa mengambil banyak energi Anda, memicu nyeri kepala dan memicu stres.

  • Gula Olahan

Makanan yang mengandung gula olahan, seperti permen atau donat, pada umumnya tidak mengandung nutrisi. Pada umumnya, makanan seperti ini bisa meningkatkan gula darah secara cepat sehingga bisa menimbulkan rasa gelisah dan berkurangnya konsentrasi. Biasanya, mengonsumsi makanan dengan gula olahan dapat memicu perubahan mood.

  • Makanan Tinggi Garam

Mengonsumsi makanan yang tinggi garam bisa dengan cepat menarik air. Hal tersebut bisa menambah kerja pada jantung dan bisa meningkatkan tekanan darah yang menyebabkan kembung, retensi air, dan bengkak. Hal-hal ini bisa mengurangi energi dan meningkatkan kadar stres Anda.

  • Makanan Olahan

Makanan olahan, seperti kentang goreng atau donat, mengandung karbohidrat sederhana dan lemak trans yang bisa memicu stres. Makanan olahan dikatikan dengan peningkatan insiden depresi pada orang-orang yang sering megonsumsinya.

Jika beberapa makanan di atas dapat menyebabkan stres, maka beberapa makanan di bawah ini dapat mencegah terjadinya stres. Beberapa makanan yang dapat mencegah terjadinya stres, antara lain:

  • Sayuran hijau
  • Buah-buahan
  • Kacang-kacangan
  • Alpukat
  • Cokelat gelap (dark chocolate)

Agar mudik tetap nyaman dan aman, cobalah untuk menghindari makanan yang bisa memicu stres dan perbanyak konsumsi makanan yang bisa mencegah stres. Ingat, jangan berlebihan, ya!

Selamat mencoba! 

0 Komentar

Belum ada komentar