Kesehatan Umum

Tips Hindari Mabuk Laut saat Mudik dengan Kapal Laut

Mabuk laut bisa menjadi masalah yang terjadi saat mudik dengan kapal. Bagaimana cara mengatasi mabuk laut? Yuk, simak lengkapnya di sini.

Tips Hindari Mabuk Laut saat Mudik dengan Kapal Laut

Mabuk laut muncul akibat merasakan gerakan berulang selama perjalanan dengan kapal laut, misalnya guncangan akibat deburan ombak, akselerasi kapal, dan lain-lain.

Gerakan-gerakan itu akan ditangkap oleh sistem keseimbangan tubuh, yaitu sistem vestibular di telinga dalam, penglihatan, kulit, dan otot. Mekanisme mabuk laut bermula dari perbedaan persepsi yang diterima sistem keseimbangan tubuh.

Gejala-gejala mabuk laut yang umumnya timbul antara lain pusing, mual muntah, peningkatan air liur, berkeringat, lemas, kesemutan, bersendawa, dan tubuh terasa hangat. Beberapa cara mengatasi mabuk lautsaat mudik yang dapat Kamu terapkan antara lain:

1. Cari Udara Segar

Kamu disarankan untuk tidak berada di dalam kamar atau tempat tertutup di atas kapal. Lebih baik lihat pemandangan sekitar.

Dengan melakukan cara itu, mata Kamu akan memperoleh informasi seputar adanya pergerakan lewat perubahan pemandangan, dan menyesuaikannya dengan stimulus dari sistem vestibular. 

Kamu juga akan mampu sedikit memperkirakan pergerakan kapal, misalnya kapan saatnya melambat, akselerasi, ataupun berhenti. Hal ini dapat mengurangi potensi mabuk laut. Posisi terbaik untuk menghindari mabuk laut saat berada di atas kapal adalah duduk di bagian tengah kapal.

2. Hindari Bepergian dengan Perut Kosong

Saat akan melakukan perjalanan jauh, penting untuk mengisi perut sebelumnya dengan jenis makanan yang disarankan, seperti makanan rendah lemak. Kecukupan cairan juga sangat penting bagi Kamu. Ingatlah untuk makan secukupnya, jangan berlebihan.

Perut yang kosong bisa memicu peningkatan asam lambung. Kondisi ini dapat mencetuskan pusing dan mual muntah yang akan semakin memperburuk kondisi mabuk laut.

3. Mengunyah

Cara menghilangkan mabuk laut juga bisa dilakukan dengan snack favorit, lho. Mengunyah makanan selama perjalanan di kapal dapat mengurangi mabuk laut. Agar lebih praktis, Kamu juga bisa mengunyah permen karet untuk meredakan mabuk di perjalanan.

4. Lakukan Kegiatan yang Dapat Mengalihkan Perhatian

Beberapa bentuk distraksi yang dapat Kamu lakukan misalnya mendengarkan musik, menghirup aromaterapi, dan tidur. Dengan melakukan aktivitas tersebut, diharapkan Kamu akan teralihkan dari rasa pusing dan mual akibat mabuk laut.

5. Hindari Membaca Buku atau Menonton Film di Kapal

Meski menyenangkan dan dapat mengalihkan perhatian, kegiatan seperti membaca buku, menonton film, ataupun memainkan gadget di kapal sebaiknya dihindari.

Aktivitas tersebut justru dapat memperburuk mabuk laut yang Kamu alami. Melihat tulisan yang banyak, gambar yang terus bergerak, dan layar yang terang akan membuat Kamu semakin pusing dan mual.

6. Hindari Konsumsi Obat Tertentu

Beberapa obat diketahui dapat meningkatkan rasa mual, sehingga sebaiknya dihindari apabila memungkinkan.

Golongan obat tersebut antara lain antibiotik (azitromisin, metronidazol, eritromisin), obat hormon estrogen (kontrasepsi oral), obat antiparasit (albendazol, klorokuin), dan obat penghilang nyeri (ibuprofen, indometasin). Konsultasikan kepada dokter sebelum perjalanan bila Kamu sedang rutin mengonsumsi obat tersebut.

7. Mengisap Permen Jahe

Jahe diketahui dapat mempercepat pengosongan lambung dan mengurangi mual atau muntah. Makan permen jahe bisa menjadi cara mengatasi mabuk laut yang mudah. Selain itu, mengunyah permen jahe juga dapat Kamu jadikan sebagai distraksi.

8. Pilih Area yang Meminimalisir Mabuk Laut

Hindari bagian kapal yang besar guncangannya. Carilah spot yang guncangannya kecil, misalnya di bagian belakang kapal. Bagian tengah kapal juga bisa Kamu pilih. Jika duduk, usahakan di dekat jendela agar dapat memandang keluar. Ini akan menghindari Kamu dari mabuk laut.

9. Hindari Bau yang Menyengat

Salah satu cara yang dapat membantu mengurangi mabuk laut saat naik kapal adalah dengan menghindari bau yang menyengat.

Bau yang menyengat seperti asap rokok atau makanan yang tidak sedap dapat memperburuk mual dan muntah pada saat perjalanan laut. Hal ini karena bau yang tidak enak dapat meningkatkan ketidaknyamanan dan memperkuat sensasi mabuk laut.

Untuk menghindari bau yang menyengat, pastikan untuk memilih tempat duduk yang jauh dari sumber bau yang tidak sedap.

10. Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan ini dapat membantu menenangkan sistem saraf Anda dan mengurangi gejala mabuk laut. Cobalah untuk berlatih teknik ini sebelum perjalanan agar Kamu terbiasa dan dapat menggunakannya dengan efektif saat sedang naik kapal.

11. Beristirahat dengan Baik

Beristirahat dengan baik sebelum perjalanan laut dapat membantu mengurangi risiko mabuk laut. Ketika tubuh Kamu sudah dalam keadaan lelah atau kurang istirahat, sensitivitas terhadap gerakan kapal bisa meningkat, sehingga meningkatkan kemungkinan mabuk laut.

Dengan istirahat yang cukup sebelum perjalanan, Kamu dapat mengurangi risiko mabuk laut dan menikmati perjalanan laut dengan lebih nyaman.

12. Mengonsumsi Obat Antimabuk Perjalanan

Kamu dapat membawa obat mabuk laut atau perjalanan yang dijual bebas di apotek. Umumnya obat ini dikonsumsi 30-60 menit sebelum keberangkatan.

Penggunaan obat antimabuk perjalanan termasuk cara menghilangkan mabuk laut yang efektif. Namun, jangan lupakan efek samping yang dapat terjadi, misalnya mengantuk. Ada baiknya bila Kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat-obat penghilang mabuk.

Itulah cara mengatasi mabuk laut saat mudik dengan kapal laut. Semoga bermanfaat dan perjalanan mudik lancar!

Jika dalam perjalanan Kamu ada masalah kesehatan, bisa kosultasi dengan dokter menggunakan fitur tanya dokter dan buat janji dokter dengan layanan temu dokter untuk konsultasi yang lebih praktis.

Kamu bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat, dengan cara booking di layanan medis & lab di KlikDokter!

Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter di Google Play dan App Store dan gunakan juga KALStore untuk beli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan Kamu.

(FR/NM)

Mabukmabuk perjalananPerjalanan Laut

Konsultasi Dokter Terkait