HomeIbu Dan anakKehamilanKehamilan Kosong, Hamil Tapi Tidak Ada Janin di Rahim
Kehamilan

Kehamilan Kosong, Hamil Tapi Tidak Ada Janin di Rahim

dr. Grace Valentine Sp.OG, 17 Jun 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kehamilan kosong merupakan penyebab terumum dari kegagalan pada awal kehamilan atau keguguran. Kenali lebih jauh di sini!

Kehamilan Kosong, Hamil Tapi Tidak Ada Janin di Rahim

Blighted ovum atau kehamilan kosong terjadi pada sel telur yang telah dibuahi dan berimplantasi di dalam rahim, namun tidak berkembang menjadi embrio. Kehamilan kosong tersebut merupakan penyebab terumum dari kegagalan pada awal kehamilan atau keguguran. Satu dari dua kasus keguguran pada trimester pertama kehamilan disebabkan oleh kehamilan kosong.

Pada saat seorang wanita hamil, sel telur yang telah dibuahi sperma akan melekat ke dalam dinding rahim. Pada usia kehamilan 5-6 minggu, embrio seharusnya sudah tampak. Pada kehamilan kosong, kantong kehamilan terbentuk dan dapat berkembang, namun tidak terdapat embrio di dalamnya. Oleh karena itu, kehamilan kosong lebih dikenal dengan kehamilan kosong.

Kehamilan kosong sering kali disebabkan oleh kelainan kromosom. Hal tersebut dapat disebabkan oleh kualitas sperma atau sel telur yang kurang baik, atau dapat terjadi bila terjadi gangguan pembelahan sel. Sehingga, tubuh wanita tersebut bereaksi untuk menghentikan kehamilan. Anda harus menyadari bahwa tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kehamilan kosong ini. Pada sebagian besar wanita, kehamilan kosong hanya terjadi sekali saja.

Gejala yang dirasakan pada kehamilan kosong, seperti kram perut serta keluar flek darah dari kemaluan. Bila Anda mengalami gejala tersebut, Anda mungkin mengalami keguguran. Namun, tidak semua perdarahan pada trimester pertama berakhir dengan keguguran.

Kehamilan kosong ini hanya dapat dideteksi melalui pemeriksaan ultrasonografi. Bila Anda sudah terdiagnosis dengan kehamilan kosong, diskusikan dengan dokter Anda mengenai rencana selanjutnya. Pada beberapa kasus akan dilakukan kuretase, tindakan ini dilakukan untuk membersihkan hasil konsepsi dari dalam rahim. Alternatif lain adalah dengan obat. Pada penggunaan obat ini dibutuhkan beberapa hari untuk mengeluarkan hasil konsepsi.

Pasca keguguran, dokter Anda akan merekomendasikan Anda untuk menunda kehamilan selama 3 bulan.

 

Kehamilan KosongBlighted Ovum

Konsultasi Dokter Terkait