HomeInfo SehatKesehatan LansiaPilih Popok yang Tepat untuk Lansia
Kesehatan Lansia

Pilih Popok yang Tepat untuk Lansia

KlikDokter, 09 Jun 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Gangguan buang air kecil pada lansia memang mengganggu keseharian. Untuk itu, penting untuk melakukan perubahan gaya hidup serta menggunakan popok dewasa yang tepat.

Pilih Popok yang Tepat untuk Lansia

Gangguan buang air kecil atau inkontinensia urine sering kali dialami oleh para lansia. Hal ini dapat menyebabkan rasa kurang percaya diri, sehingga mereka tidak nyaman beraktivitas.

Inkontinensia urine adalah salah satu gangguan dalam sistem urine yaitu kesulitan dalam menahan buang air kecil, yang disebabkan oleh melemahnya otot-otot kandung kemih.

Solusi tepat untuk mengatasi masalah inkontinensia urine adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Seperti olahraga teratur, tidak merokok, diet seimbang, serta melakukan konsultasi dengan dokter urologi. Di samping itu, gunakanlah popok dewasa agar kualitas hidup tidak menurun. Namun, pemilihan popok dewasa ini perlu diperhatikan dengan benar. Mengapa demikian?

“Popok yang salah dapat menyebabkan ruam kemerahan, iritasi, gatal, infeksi kulit (bakteri, jamur), serta luka menggaung,” ungkap dr. Nugroho Budi Utomo, SpU, saat ditemui dalam konferensi pers Confidence Adult Diaper Premium yang diadakan di FX Sudirman, Senayan, Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Kriteria popok yang baik di antaranya yang teruji klinis, pas dengan ukuran penderita, berbahan yang nyaman dan menyerap keringat, serta memiliki kapasitas penyerapan yang sesuai.

Meski demikian, inkontinensia urine ini tidak hanya dialami oleh lansia saja. Anak muda pun bisa terserang gangguan ini.

PopokLansia

Konsultasi Dokter Terkait