Sukses

Kenali Lima Gejala Kanker Nasofaring

Gejala awal dari kanker nasofaring penting diketahui, dengan demikian kasus kanker nasofaring dapat dideteksi

Kanker nasofaring merupakan salah satu jenis kanker yang umum ditemui. Kanker jenis ini berasal dari daerah nasofaring, bagian tepat di belakang hidung dan di bawah dasar tengkorak. Kanker ini pada tahap awal tidak menyebabkan gejala. Pada tahap lanjut dapat menyebabkan kerusakan pada organ di sekitarnya, sehingga menyebabkan berbagai gejala seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan dan sumbatan jalan napas.

Gejala awal dari kanker nasofaring penting diketahui, dengan demikian kasus kanker nasofaring pada tahap awal perkembangannya dapat dideteksi dengan cepat. Apa saja gejala awal dari kanker nasofaring? Yuk, kita simak satu persatu.

1. Mimisan

Mimisan atau keluarnya darah dari hidung dapat terjadi pada kanker nasofaring. Hal ini terjadi karena benjolan nasofaring cenderung rapuh dan mudah berdarah. Darah dapat keluar melalui hidung atau dari mulut. Jika Anda mengeluh mimisan yang terjadi terus-menerus dan sulit berhenti, maka kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter segera untuk mengetahui penyebab mimisan ini.

2. Sumbatan hidung

Sumbatan hidung merupakan salah satu gejala yang paling umum dikeluhkan. Karena lokasinya yang dekat dengan rongga hidung, maka massa pada bagian nasofaring dapat menyebabkan gejala sumbatan hidung. Penderita kanker nasofaring juga akan mengeluhkan adanya sumbatan pada hidung yang terus-menerus.

3. Penurunan pendengaran

Lokasi nasofaring juga dekat dengan tuba Eestachius, sebuah lubang yang berperan dalam proses pendengaran. Karena itu, sumbatan pada lubang ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Pasien akan mengeluhkan penurunan pendengaran pada satu sisi telinga.

4. Sakit kepala

Sakit kepala merupakan gejala yang umum dikeluhkan pasien kanker nasofaring. Namun, pasien dengan keluhan sakit kepala biasanya menunjukkan bahwa kanker nasofaring sudah menyebabkan gangguan pada sistem saraf pusat.

5. Penglihatan berbayang

Nasofaring juga berlokasi yang dekat dengan saraf mata. Kanker nasofaring dapat menyebabkan penekanan pada saraf kedua mata serta gangguan penglihatan.

Jika Anda memiliki berbagai gejala di atas, konsultasikan kondisi Anda ke dokter terdekat. Semakin cepat deteksi kanker nasofaring, maka angka harapan hidup pada penderitanya akan semakin meningkat.

0 Komentar

Belum ada komentar