Sukses

Gorengan Sehat untuk Berbuka Puasa

Bisa dibilang, gorengan sudah menjadi bagian dari hidup kita sehingga sangat sulit dipisahkan. Tapi, ada beberapa kiat agar gorengan tersebut lebih sehat untuk dikonsumsi.

Gorengan merupakan makanan yang sangat digemari terutama di bulan puasa saat akan berbuka. Menu gorengan biasanya selalu ada di meja makan Anda. Sayangnya, makanan yang digoreng mengandung kadar lemak yang lebih tinggi dan tentunya dapat menimbulkan banyak penyakit. Sebut saja obesitas atau kegemukan, kanker, penyakit jantung ataupun penyakit kencing manis.

Namun bisa dibilang, goreng-gorengan sudah menjadi bagian dari hidup kita sehingga sangat sulit dipisahkan. Maka dari itu, kami akan membagikan tips agar gorengan Anda sehat untuk dikonsumsi:

  1. Buatlah gorengan Anda sendiri di rumah

Dengan membuat gorengan Anda sendiri di rumah, tentunya Anda lebih dapat menjamin kebersihannya. Selain itu, Anda dapat memilih jenis minyak goreng yang lebih sehat dibandingkan minyak yang digunakan penjual-penjual gorengan di luar sana, misalnya Anda dapat menggunakan olive oil. Walaupun harganya lebih mahal, namun minyak ini merupakan minyak yang paling sehat.

  1. Jangan terlalu lama menggoreng makanan Anda

Kita dapat mengatur suhu minyak agar tidak terlalu panas. Menurut penelitian, semakin panas temperatur yang Anda gunakan akan membentuk suatu senyawa yang dinamakan akrilamida, yang berkaitan dengan meningkatnya faktor risiko penyakit jantung dan kanker. Ketika warna gorengan telah menjadi cokelat keemasan, segeralah angkat.

  1. Jangan gunakan minyak yang sudah berubah warna

Sebaiknya tidak menggunakan ulang minyak goreng yang telah digunakan, apalagi yang sudah berubah warna menjadi kecoklatan bahkan sampai hitam pekat. Anda dapat mengganti minyak goreng setelah tiga kali pakai atau saat sudah berubah warna.

  1. Keringkan gorengan dengan menggunakan tisu makanan

Jangan lupa menempelkan sisa-sisa minyak ke kertas tisu makanan terlebih dahulu sebelum Anda konsumsi. Agar sisa-sisa minyak terserap dan mengurangi jumlah minyak yang Anda konsumsi.

Walaupun Anda telah mengolahnya dengan lebih sehat, namun jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, maka akan tetap berdampak buruk bagi kesehatan. Sehingga penting untuk mengombinasikan goreng-gorengan dengan makanan sehat lainnya saat berbuka puasa.

0 Komentar

Belum ada komentar