Sehat dan Bugar

Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa

dr. Reza Fahlevi, 06 Jun 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berpuasa tentunya membawa banyak berkah serta kesehatan. Karena itu, pastikan tubuh Anda tetap fit selama bulan suci Ramadan.

Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa

Puasa merupakan ibadah wajib yang dilaksanakan oleh umat Muslim pada bulan Ramadan setiap tahunnya. Selama bulan tersebut, umat Muslim diwajibkan untuk menahan segala hawa nafsu, seperti makan, minum, dan menjaga diri dari hal-hal buruk yang dapat membatalkan puasa. Untuk menjaga agar tubuh tetap fit selama puasa, mari simak beberapa kiat di bawah ini:

  • Sahur bernutrisi

Ajaran agama Islam menganjurkan untuk melakukan sahur sebelum memulai puasa. Dari segi medis, hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama puasa. Bayangkan, Anda harus berpuasa selama 13 jam lamanya. Jika Anda tidak melakukan sahur, maka otomatis Anda sudah mulai berpuasa lebih awal yaitu sejak makan terakhir pada malam hari sebelum tidur.

Hal tersebut tentunya menyebabkan cadangan energi dan cairan dalam tubuh tidak cukup, sehingga Anda akan merasa lemas selama berpuasa. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan sahur serta banyak minum saat sahur.

Pilihlah makanan dengan gizi seimbang saat sahur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Selain itu, pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks (nasi, gandum, roti) dan mengandung banyak serat (sayur dan buah), sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

  • Berolahraga

Puasa bukan berarti Anda harus bermalas-malasan dan tidak berolahraga. Justru sebaliknya, Anda perlu melakukan olahraga selama bulan puasa. Pilihlah olahraga ringan atau sedang agar stamina tubuh Anda terjaga. Olahraga terbukti dapat meningkatkan penyerapan glukosa pada sel otot, sehingga justru dapat membuat tubuh Anda merasa lebih segar dibandingkan jika Anda hanya tidur-tiduran selama bulan puasa.

Anda dapat melakukan olahraga selama bulan puasa di pagi hari atau sore hari menjelang berbuka puasa. Mulailah dengan pemanasan, lanjutkan dengan latihan inti dan tutup dengan pendinginan. Hindari melakukan olahraga di tengah terik matahari dan hentikan olahraga jika Anda tiba-tiba merasa pusing saat berolahraga.

  • Berbuka dengan cara yang benar

Saat berbuka puasa tiba, bersegeralah untuk berbuka puasa. Pilih makanan manis untuk berbuka untuk mengembalikan energi Anda. Minumlah air yang cukup untuk mengembalikan cairan tubuh Anda. Selain itu, makanan secara perlahan dan bertahap agar perut Anda dapat beradaptasi dengan baik setelah berpuasa sehari penuh.

Caranya adalah berbuka dengan takjil kemudian dilanjutkan dengan makan besar setelah melakukan salat magrib. Penuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan seimbang.

  • Jaga kondisi kesehatan

Beristirahatlah dengan cukup selama bulan puasa. Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral untuk menjaga kondisi tubuh Anda. Jika Anda menderita penyakit kronis seperti gula darah, hipertensi, dan penyakit kronis lainnya, pastikan untuk tetap meminum obat Anda dengan penyesuaian waktu sesuai dengan saran dokter Anda.

Dengan kiat-kiat di atas, jadikan kondisi tubuh Anda tetap fit selama Ramadan, sehingga Anda terbebas dari lelah, lemas, mengantuk, dan kurang konsentrasi selama berpuasa. 

BerpuasaTips

Konsultasi Dokter Terkait