HomeInfo SehatKesehatan UmumBiasakan Mencuci Tangan Sebelum Berbuka Puasa
Kesehatan Umum

Biasakan Mencuci Tangan Sebelum Berbuka Puasa

KlikDokter, 02 Jun 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Rutin mencuci tangan sebelum berbuka puasa dapat menghindarkan kita dari serangan kuman penyakit, terutama yang ditularkan melalui tangan.

Biasakan Mencuci Tangan Sebelum Berbuka Puasa
Cuci tangan adalah salah satu cara yang paling mudah mencegah penyakit yang ditularkan lewat tangan. Salah satu momen yang penting untuk keluarga kita meningkatkan higienitas agar tetap sehat adalah saat bulan Ramadan, supaya dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan mendapatkan momen puasa yang berkah dan bermanfaat.

Untuk itu, biasakan untuk rutin mencuci tangan sebelum berbuka puasa agar tubuh dapat terhindar dari serangan kuman penyakit, terutama yang ditularkan melalui tangan.

Saat ditemui pada peluncuran kampanye “Sebelum Berbuka Waktunya Lifebuoy” di One Hundred Eatery, Senayan, Jakarta Selatan (1/6/2016), Brand Manager Lifebuoy Evan Rickyanto mengungkap hasil survei yang dilakukan oleh Lifebuoy. Bahwa walaupun masyarakat telah menyadari pentingnya mencuci tangan untuk menjaga kesehatan, namun hanya 1 dari 10 orang yang mencuci tangan dengan sabun sebelum berbuka puasa.

“Hal ini dikarenakan mereka merasa tangannya sudah bersih. Jika dilihat dari tipe makanan yang dikonsumsi, sebanyak 80% makanan yang dimakan saat berbuka adalah jenis makanan yang biasa dimakan langsung dengan tangan seperti kurma, buah-buah potong lainnya (melon dan semangka), gorengan, martabak, atau jajanan pasar, sehingga dapat menyebabkan transfer kuman dari tangan ke tubuh kita,” papar Evan.

Hal ini dibenarkan oleh dr. Melyarna Putri dari KlikDokter yang menganjurkan agar masyarakat tidak mengendurkan kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) saat menjalankan ibadah puasa, terutama sebelum berbuka puasa. Beberapa penyakit yang ditularkan lewat tangan saat bulan Ramadan misalnya: diare, batuk pilek, dan radang tenggorokan.

Ia melanjutkan bahwa menerapkan kebiasaan cuci tangan pada saat penting terbukti dapat dapat mengurangi potensi terkena penyakit yang berasal dari jutaan bakteri yang terdapat di tangan. “Apalagi pada saat berpuasa, pertahanan tubuh menurun dikarenakan kebutuhan cairan kurang tercukupi, asupan makanan sehat yang kurang diperhatikan, serta perubahan waktu tidur,” ujar dr. Melyarna.

Menerapkan kebiasaan mencuci tangan juga merupakan hal yang baik untuk diajarkan pada anak-anak yang baru belajar berpuasa, agar mereka mendapatkan momen Ramadan yang berkesan. Pada saat Ramadan, momen penting untuk mencuci tangan dapat dilakukan saat menunggu waktu berbuka, sebelum menyiapkan makanan berbuka atau memasak, sebelum dan setelah membatalkan puasa (segera setelah azan), dan sebelum menyantap makanan berbuka puasa.

Dengan menjadikan cuci tangan sebagai rutinitas, anak-anak akan diajarkan untuk terbiasa menjadikan kebiasaan baik ini setiap hari!

Cuci tanganBerbuka Puasa

Konsultasi Dokter Terkait