Sukses

Benarkah Cokelat Selalu Berdampak Buruk bagi Kesehatan Gigi?

Cokelat merupakan jenis makanan yang konon memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan gigi. Namun, benarkah demikian? Temukan jawaban dari drg. Arni Maharani berikut ini.

Cokelat sering kali dijadikan sesuatu untuk menunjukkan rasa sayang kepada pasangan. Selain untuk menunjukkan rasa sayang kepada pasangan, cokelat juga kian digunakan sebagai camilan yang dikonsumsi sehari-hari.

Terdapat bermacam-macam cokelat yang dijual di pasaran dengan berbagai varian rasa berbeda. Oleh karena itu, banyak orang yang kian mengonsumsi cokelat, karena varian rasanya yang berbeda tersebut tidak akan membuat orang yang mengonsumsinya menjadi bosan.

Namun tahukah Anda bahwa cokelat dapat memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan tubuh, khususnya bagi kesehatan gigi?

Cokelat yang biasanya dijadikan hadiah untuk pasangan adalah cokelat kemasaan atau kue cokelat yang banyak mengandung gula, krim dan susu. Cokelat jenis ini merupakan cokelat yang bisa dikatakan berbahaya terhadap kesehatan gigi. Pasalnya, kandungan gula yang cukup banyak pada cokelat tersebut akan menyebabkan gigi berlubang. Terlebih, jika jenis cokelat tersebut dijadikan camilan favorit sehingga kian dikonsumsi secara terus-menerus.

Namun di balik itu semua, ternyata cokelat juga memiliki manfaat bagi kesehatan gigi, lho! Bagaimana bisa?

Cokelat yang selama ini menjadi momok menakutkan bagi kesehatan gigi kini telah diubah oleh produsen cokelat Belgia yang membuat cokelat produksinya di klaim tidak akan menyebabkan gigi berlubang. Pasalnya, penggantian gula dengan isomaltosa dan penggunaan protein susu pada cokelat Belgia tersebut tidak akan menimbulkan tingkat keasaman yang tinggi pada rongga mulut, sehingga tidak mendukung untuk terjadinya proses gigi berlubang.

Suatu penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak alami cokelat – yaitu theobromine – yang juga terkandung dalam pasta gigi mampu mengurangi kondisi kerusakan lapisan gigi yang dapat menyebabkan gigi ngilu atau dentin hipersensitif. Penelitian tersebut mengevaluasi potensi dari penguatan email gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung theobromine – ekstrak alami cokelat.

Dengan kata lain, mengonsumsi cokelat ternyata tidak selalu memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan gigi Anda. Asalkan Anda selalu memperhatikan jenis cokelat, dan berapa banyak cokelat yang Anda konsumsi. Namun, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan gigi Anda agar kebiasaan untuk mengonsumsi cokelat ini tidak terlalu berdampak pada timbulnya gigi berlubang pada diri Anda. 

0 Komentar

Belum ada komentar