HomeInfo SehatJantungMandi Sauna untuk Jantung Sehat
Jantung

Mandi Sauna untuk Jantung Sehat

dr. Alvin Nursalim, 20 Okt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tahukah kamu bahwa mandi sauna bermanfaat untuk kesehatan jantung? Simak ulasan lengkap manfaat sauna untuk jantung di sini.

Mandi Sauna untuk Jantung Sehat

Ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan untuk membantu tubuh mengeluarkan keringat dan membakar banyak kalori. Salah satu aktivitas tersebut adalah mandi di sauna, yaitu ruangan bersuhu panas dan kering.

Tak sedikit orang mandi sauna untuk merelaksasi tubuh. Lebih dari itu, manfaat mandi sauna diyakini baik untuk kesehatan jantung.

Benarkah Sauna Bermanfaat untuk Jantung?

Mood Turun di Akhir Minggu? Atasi dengan Sauna (Luca Bertolli/123rf)

Sebuah penelitian di Finlandia menemukan bahwa rutinitas mandi sauna dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. Studi yang dilakukan selama 10 tahun tersebut melibatkan lebih dari 2.000 pria.

Para peserta berusia antara 42-60 tahun. Mereka dibagi ke dalam tiga kelompok berdasarkan tingkat keseringan mandi sauna. Ada yang mandi sauna satu kali dalam seminggu, 2-3 kali sepekan, serta 4-7 kali seminggu.

Artikel lainnya: Ini Dia Manfaat Sauna bagi Kesehatan

Sauna yang digunakan bersuhu 80-100 derajat Celsius, dengan kelembapan 10-20 persen. Rata-rata, dalam satu kali kunjungan peserta penelitian berada di dalam sauna selama 14 menit.

Peneliti sendiri sudah menyamakan keadaan awal para relawan. Hal ini termasuk faktor risiko penyakit jantung, seperti merokok, tekanan darah tinggi, diabetes melitus, aktivitas fisik, konsumsi alkohol, kadar kolesterol darah, dan indeks massa tubuh. Selain itu, tingkat kebugaran jantung-paru, hasil elektrokardiogram, hingga status sosial ekonomi peserta juga dipertimbangkan.

Dipublikasikan lewat JAMA Internal Medicine, hasil riset melaporkan bahwa orang yang makin sering dan lama mengunjungi sauna, akan makin terhindar dari risiko kematian akibat serangan jantung mendadak, penyakit jantung koroner, maupun gangguan pembuluh darah dan jantung lainnya.

Pria yang mengunjungi sauna lebih dari empat kali seminggu memiliki risiko kematian akibat serangan jantung 63 persen lebih rendah daripada orang yang mandi sauna sekali seminggu.

Kelompok ini juga berisiko 48 persen lebih rendah terkena penyakit jantung koroner. Risiko mereka terkena penyakit pembuluh darah dan jantung juga lebih kecil, yaitu sekitar 50 persen dibandingkan dengan kelompok yang mandi sauna hanya sekali dalam seminggu.

Artikel lainnya: Inilah Manfaat Sauna untuk Paru yang Perlu Anda Tahu

Lama berada di dalam sauna juga berpengaruh. Pria yang mandi sauna lebih dari 19 menit memiliki risiko kematian rata-rata 40 persen lebih rendah daripada mereka yang hanya mengunjungi sauna kurang dari 11 menit.

Dokter Jari A. Laukkanen, selaku pimpinan penelitian, mengemukakan bahwa peningkatan denyut jantung yang terjadi selama mandi sauna diduga sebagai faktor pelindung terhadap penyakit jantung.

Denyut jantung orang yang mandi sauna diduga sama dengan orang yang melakukan olahraga intensitas ringan hingga sedang. Namun, dokter dari University of Eastern Finland ini mengungkapkan bahwa manfaat tersebut tidak bisa diperoleh dengan mandi menggunakan ruang uap atau kolam air panas.

Selain efektif mencegah masalah jantung, mandi sauna juga dianjurkan untuk pasien gagal jantung kronis. Mandi sauna terbukti dapat ditoleransi dengan baik oleh pasien, bahkan dapat memperbaiki kelancaran peredaran darah dan perbaikan fungsi jantung. Hal ini jika pasien gagal jantung mandi sauna lima kali dalam seminggu.

Artikel lainnya: Efektifkah Sauna untuk Turunkan Hipertensi?

Meski mandi sauna bermanfaat untuk kesehatan jantung, dr. Laukkanen memperingatkan bahwa potensi penurunan tekanan darah setelah mandi sauna bisa membahayakan penderita hipotensi ortostatik, yaitu kondisi turunnya tekanan darah secara drastis usai bangkit dari posisi duduk ataupun berbaring. 

Tips Sauna yang Sehat untuk Jantung

Efektifkah Sauna untuk Turunkan Hipertensi? (karramba Production/shutterstock)

Apabila kamu ingin mandi sauna, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya:

1. Pastikan Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Sauna meningkatkan penguapan cairan dari dalam tubuh. Karena itu, kamu harus memastikan kebutuhan cairan terpenuhi sebelum mandi sauna. Hal ini agar kamu terhindar dari dehidrasi.

Jika kamu tidak mengidap penyakit yang mengharuskan asupan cairan dibatasi, minumlah air putih sebanyak dua gelas setelah mandi sauna.

2. Harus dalam Kondisi Sehat

Hindari penggunaan sauna ketika sakit. Pastikan kondisi badan benar-benar pulih sebelum menggunakan sauna.

Ibu hamil maupun penderita kondisi medis tertentu, seperti tekanan darah rendah, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mandi sauna.

Diperlukan penelitian lanjutan guna membuktikan kebenaran manfaat sauna untuk kesehatan jantung. Sebelum mandi sauna, pastikan kamu berada dalam kondisi sehat dan terpenuhi kebutuhan cairannya, ya!

Artikel lainnya: Manfaat Infrared Sauna Untuk Pengobatan Asma, Ampuhkah?

Untuk menghindari risiko terkena penyakit jantung, #JagaSehatmu dengan menjalani pola hidup sehat secara menyeluruh. Tak lupa, kontrol faktor yang bisa meningkatkan risiko masalah jantung. Pastikan pula tekanan darah, gula darah, dan kolesterol kamu dalam batas normal.

Apabila kamu punya pertanyaan lain seputar kesehatan jantung, konsultasikan bersama dokter spesialis jantung kami lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

mandi saunaJantung

Konsultasi Dokter Terkait