Gigi Mulut

10 Fakta Unik Gigi yang Perlu Anda Ketahui

drg. Callista Argentina, 27 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Gigi merupakan bagian tubuh yang kerap diabaikan. Padahal, keberadaannya penting bagi hidup manusia. Ketahui berbagai fakta tentang gigi berikut ini.

10 Fakta Unik Gigi yang Perlu Anda Ketahui

Gigi adalah bagian tubuh yang berfungsi penting untuk menunjang kehidupan manusia. Namun, keberadaannya sering kali diabaikan. 

Padahal, gigi yang sehat dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Tak sekadar untuk menggigit atau mengunyah makanan saja, fungsi gigi juga bisa membuat penampilan seseorang terlihat lebih menarik.

Selain itu, gigi memiliki sejumlah fakta unik lain yang perlu kamu tahu. Apa saja fakta-fakta unik tentang gigi manusia? Yuk, kita bahas satu per satu di sini.

1. Gigi Sudah Terbentuk Sejak Dalam Kandungan

Benih gigi sudah terbentuk sejak kamu masih berada di dalam kandungan. Gigi pertama mulai tumbuh di usia 4-6 bulan dan akan lengkap saat kamu menginjak usia 3 tahun. Gigi di usia balita ini disebut sebagai gigi sulung atau gigi susu. 

Gigi susu berjumlah sebanyak 20 buah. Kemudian, gigi susu akan tanggal dan digantikan oleh gigi baru saat kamu berusia 6 tahun. 

Tahapan pertumbuhan gigi pada usia ini disebut sebagai periode gigi tetap atau permanen. Pada fase ini gigi akan tumbuh sebanyak 32 buah.

Artikel Lainnya: Cara Tepat Merawat Gigi dan Mulut Bayi

2. Gigi Seperti Sidik Jari

Semua manusia umumnya memiliki gigi, tetapi setiap gigi masing-masing orang memiliki ciri khas tersendiri seperti sidik jari. 

Ciri khas gigi ini ternyata bisa digunakan oleh tim forensik untuk membantu mengenali identitas korban pembunuhan, terorisme, bencana, dan lainnya.

Di samping itu, gigi juga dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin, usia, ras, pekerjaan serta kebiasaan yang dilakukan seseorang semasa hidupnya.

3. Dua Pertiga Bagian Gigi Tertanam

Fakta mengungkapkan, sekitar dua pertiga bagian gigi tertanam atau berada di bawah gusi. Karenanya, kamu selalu dianjurkan untuk menjaga kesehatan gusi. 

Sebab, kesehatan gusi sama pentingnya dengan kesehatan gigi. Gusi yang sehat akan terlihat rapat dan berwarna merah muda.

4. Enamel Adalah Bagian Terkeras Gigi

Lapisan terluar gigi atau biasa disebut enamel adalah bagian tubuh yang paling keras. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi bagian-bagian yang ada di dalam gigi. 

Nah, struktur lapisan gigi ini terdiri dari kalsium, fluor, dan fosfat. Selain itu, karena dibentuk oleh protein spesifik dan kristalit, enamel memiliki struktur yang lebih kuat daripada tulang.  

Gigi yang sehat juga memiliki kekuatan gigit dan kunyah terbaik. Untuk kekuatan mengunyah gigi geraham pertama sekitar 100 lbs atau kurang lebih 50 kg pada pria dan 2/3 nya pada wanita. 

Gigi geraham pertama adalah gigi yang gigitan dan daya kunyahnya paling kuat.

5. Enamel Bisa Rusak

Enamel adalah bagian lapisan terkeras gigi. Meski begitu, lapisan ini tetap bisa keropos, retak, atau rusak karena pembusukan. Rusaknya enamel gigi disebabkan oleh gula dan asam yang ada di dalam makanan ataupun minuman ringan.

Asam dari makanan dan minuman akan berinteraksi dengan bakteri di mulut dan merusak lapisan enamel. Kalau sudah begini, tandanya gigi kamu mulai mengalami kerusakan berupa karies (gigi membusuk dan berlubang).

6. Gigi Berubah Warna

Tak hanya rusak, enamel gigi juga bisa berubah warna. Perubahan warna dapat disebabkan oleh sejumlah faktor dari luar. Faktor yang dimaksud, misalnya noda dari makanan, minuman, atau rokok. 

Selain itu, perubahan warna enamel gigi dapat dipicu pula oleh faktor internal, salah satunya akibat mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu.

Artikel Lainnya: Benarkah Gigi Putih Tak Selalu Sehat?

7. Gigi Dapat Bertahan Seumur Hidup

Jika dirawat dengan baik, kesehatan gigi dapat terjaga dan bertahan seumur hidup. Begitu pula dengan kesehatan gusi dan jaringan sekitarnya. 

Nah, agar tetap kuat dan terawat, kamu harus rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu rajin menyikat gigi dan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

8. Kerusakan Gigi Dapat Mengancam Nyawa

Fakta gigi satu ini harus kamu simak baik-baik, ya! Apabila kamu punya gigi berlubang atau rusak, lalu tidak dirawat dengan benar, kondisinya bisa semakin parah.

Tak hanya itu, kerusakan gigi yang diabaikan juga berpotensi menyebabkan kematian. Risiko ini bisa muncul ketika infeksi bakteri yang berasal dari gigi menyebar ke setiap organ vital tubuh melalui pembuluh darah.

9. Dilindungi oleh Air Liur

Setiap hari, kelenjar ludah di dalam rongga mulut kamu menghasilkan air liur yang penting untuk kesehatan gigi. 

Air liur dapat menetralkan keasaman rongga mulut. Hal ini berfungsi untuk membantu mencerna makanan dan melindungi gigi dari bakteri di mulut.

10. Kesehatan Gigi dan Kesehatan Fisik Saling Berhubungan

Tak sedikit gangguan kesehatan yang berkaitan dengan masalah gigi. Misalnya saja, penyakit jantungdiabetes, dan osteoporosis. 

Masalah gigi bisa menyebabkan gangguan kesehatan, karena gigi memiliki cabang pembuluh darah yang mengalir ke seluruh tubuh.

Nah, sudah tahu kan 10 fakta unik tentang gigi manusia? Agar kesehatan gigi kamu dapat terjaga dengan baik, jangan lupa untuk selalu merawatnya, ya! 

Sikatlah gigi secara teratur dua kali sehari dan lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dengan begitu, kamu bisa mencegah timbulnya masalah gigi.

Apabila kamu punya pertanyaan seputar kesehatan gigi lainnya, konsultasikan langsung menggunakan fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui informasi seputar kesehatan secara umum.

(ADT/JKT)

Gigi

Konsultasi Dokter Terkait