Otot dan Sendi

Inilah Penyebab Lutut Sakit Saat Naik Tangga

dr. Dyan Mega Inderawati, 07 Apr 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apakah Anda sering merasakan lutut sakit saat naik tangga? Mungkin inilah penyebab lutut sakit saat naik tangga yang Anda rasakan.

Inilah Penyebab Lutut Sakit Saat Naik Tangga

Lutut sakit saat naik tangga adalah keluhan yang cukup banyak dialami, terutama oleh orang yang berusia lanjut. Sebagian orang menganggap keluhan lutut sakit saat naik tangga ini adalah gejala yang normal dialami seiring dengan pertambahan usia seseorang.

Namun sebenarnya, pada kondisi normal seharusnya nyeri lutut tidak terjadi saat beraktivitas, termasuk naik tangga. Dan bila kemudian lutut terasa sakit, mungkin saja ternyata terdapat penyakit lain yang mendasari terjadinya nyeri lutut tersebut.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan keluhan lutut sakit saat naik tangga, antara lain:

  1. Patellofemoral pain syndrome

Pada Patellofemoral pain syndrome, lutut sakit saat naik tangga menjadi salah satu gejala utamanya. Kondisi ini paling banyak dialami oleh atlet, walaupun bisa juga dialami oleh orang yang bukan atlet. Oleh karena itu, Patellofemoral pain syndrome juga sering disebut sebagai penyakit lutut pada atlet atau “runner’s knee”.

Sakit lutut saat naik tangga yang disebabkan Patellofemoral pain syndrome ini diakibatkan oleh pemakaian sendi lutut secara berlebihan atau pergeseran susunan sendi lutut akibat melakukan suatu aktivitas.

  1. Kneecap Tracking

Lutut kita memiliki tempurung yang terikat pada otot-otot. Bila salah satu otot sekitarnya ada yang lemah, maka tempurung ini dapat tertarik ke sisi otot yang kuat dan menyebabkan pergeseran lutut (patellar tracking disorder). Pergeseran inilah yang akan menyebabkan lutut sakit saat naik tangga.

Selain itu, bentuk telapak kaki yang datar juga dapat meningkatkan risiko pergeseran lutut, yang akhirnya dapat menyebabkan lutut sakit saat naik tangga.

  1. Peradangan Tendon

Lutut sakit saat naik tangga juga dapat disebabkan oleh peradangan tendon. Tendon adalah jaringan ikat yang menghubungkan sendi dengan tulang.

Pada lutut, tendon sangat berperan dalam melindungi lutut dari gerakan mendadak. Bila lutut digunakan secara berlebihan, misalnya pada atlet atau tentara, dapat terjadi iritasi dan peradangan di tendon lutut. Peradangan tendon ini dapat menjadi salah satu penyebab lutut sakit saat naik tangga.

  1. Radang Sendi Lutut

Dalam pergerakan sendi, tulang rawan yang terletak antara sendi dan tulang memegang peranan yang amat penting. Pada suatu kondisi yang dinamakan Chondromalacia patella, tulang rawan ini rusak dan mengakibatkan pergerakan sendi menjadi terhambat dan tidak lancar. Hambatan pergerakan sendi ini menyebabkan lutut akan terasa sangat sakit saat beraktivitas, termasuk saat naik tangga. Pada beberapa kondisi, lutut bahkan tetap terasa nyeri walaupun sedang istirahat.

Menjaga kesehatan sendi sangatlah penting untuk mencegah terjadinya lutut sakit saat naik tangga. Olahraga intensitas ringan hingga sedang, seperti berjalan, berenang dan yoga merupakan pilihan yang baik untuk mempertahankan kelenturan sendi dan struktur sekitarnya. Selain itu, pastikan juga asupan harian kalsium Anda mencukupi kebutuhan. Kalsium dapat Anda temukan, misalnya dari susu, yoghurt, dan brokoli.

Lutut Sakit Saat Naik Tangga

Konsultasi Dokter Terkait