Kesehatan Anak

Anak Duduk dengan Posisi W, Berbahayakah?

dr. Alberta J.G., 06 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apakah Mama atau Papa pernah melihat anak duduk dengan posisi W? Beberapa studi mengatakan bahwa posisi W tidak baik untuk si Kecil. Baca selengkapnya di artikel ini.

Anak Duduk dengan Posisi W, Berbahayakah?

Posisi W adalah posisi yang umum digunakan oleh kebanyakan anak ketika duduk. Pada posisi ini, anak duduk menggunakan bokong mereka dengan kedua kaki tertekuk ke arah luar, membentuk huruf W jika dilihat dari atas.

Beberapa ahli percaya bahwa duduk dengan posisi W bisa berbahaya terhadap kesehatan tulang anak. Apa benar demikian? 

Mengapa Anak Suka Duduk dengan Posisi W?

Jika berkunjung ke pusat bermain anak-anak, orang tua kerap menjumpai banyak anak duduk dengan posisi W. Biasanya anak dengan umur 4 sampai 6 tahun akan duduk dalam posisi ini. Sebenarnya, mengapa anak menyukai posisi duduk W?

Hal ini disebabkan oleh posisi tulang anak. Ternyata anak-anak di usia mereka memiliki posisi tulang yang membuat duduk dengan posisi W lebih nyaman untuk dilakukan. 

Artikel Lainnya: Posisi Duduk yang Benar saat Bekerja

Selain itu, posisi duduk W akan memungkinkan anak untuk mendapatkan posisi yang stabil dan mantap. Dengan begitu, dirinya dapat berkonsentrasi dalam bermain.

Posisi W juga membantu tubuh anak lebih fleksibel. Jadi, ketika hendak mengambil boneka atau mainan di sekitarnya, mereka dapat dengan mudah untuk menggapainya.

Bagi orang dewasa posisi ini mungkin menimbulkan rasa sakit atau kesemutan. Bagaimana dengan anak-anak? 

Sebenarnya, anak sudah bisa mengenali posisi duduk yang membuatnya nyaman dan tidak. Jadi, apabila orang tua mendapati anak sering duduk dengan kaki menyerupai huruf W, tidak perlu khawatir ya!

Bahaya Duduk W pada Anak

Sampai saat ini, pendapat mengenai posisi duduk W masih memicu pro dan kontra. 

Sebagian ahli percaya bahwa duduk dengan posisi W tidak berbahaya alias aman-aman saja dilakukan oleh anak. Namun, sebagian lainnya tidak berpikir demikian.

Ada yang berpendapat bahwa posisi duduk W dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Tetapi, hingga saat ini belum ada bukti bahwa posisi duduk W bisa menyebabkan masalah kesehatan. 

Meski demikian, orang tua tetap perlu mewaspadai berbagai kemungkinan. Beberapa bahaya berikut bisa saja terjadi bila anak sering duduk dengan posisi W: 

1. Gangguan Ortopedi 

Terbiasa duduk dengan posisi W dapat meningkatkan risiko cedera otot dan dislokasi panggul. 

Dislokasi panggul adalah kelainan struktur tubuh yang disebabkan keluarnya sendi panggul dari lokasi seharusnya di dalam tubuh. 

2. Otot Menjadi Kaku 

Dampak yang satu ini bisa terjadi apabila anak duduk posisi W, khususnya jika terus-menerus. 

Beberapa ahli percaya bahwa duduk dengan posisi W dapat menyebabkan gangguan kekakuan otot, terutama pada pasien dengan gangguan perkembangan otot seperti hipertonik dan spastisitas.

Artikel Lainnya: Posisi Tidur Bayi yang Benar agar Terhindar dari Segala Risiko

3. Gangguan koordinasi 

Kebiasaan duduk dengan posisi W menyebabkan keterbatasan untuk mencapai beberapa posisi tubuh. Hal ini akan membuat anak kesulitan untuk menggapai sesuatu. 

Misalnya, anak hanya akan menggapai bagian kanan tubuh dengan tangan kanan dan bagian kiri tubuh hanya dengan tangan kiri. 

4. Keterlambatan Perkembangan bagi Anak dengan Hipertonia

Pada anak dengan gangguan hipertonia, yaitu pertumbuhan massa otot yang berlebih, posisi duduk W akan semakin mengganggu pertumbuhan gerak mereka dan menghambat proses terapi. 

Jadi, jika anak sedang menjalani terapi hipertonia, sebaiknya orang tua lebih mewaspadai posisi duduknya. 

5. Pigeon Toes 

Efek lainnya dari kebiasaan duduk dengan posisi W adalah timbulnya pigeon toes.

Bila anak sering duduk dengan posisi W, hal ini akan menyebabkan gangguan postur dan kesejajaran bagian kaki, lutut, pinggul dan bagian punggung. Lama-kelamaan ini bisa mengakibatkan pigeon toes, yaitu ketika bagian telapak kaki mengarah ke dalam. 

6. Kelemahan Kaki

Posisi duduk W bisa menjadi pertanda bahwa kaki anak tidak terlalu kuat untuk bermain dan bertumpu. 

Artikel Lainnya: Penyebab Nyeri Lutut Setelah Jongkok atau Duduk Bersila

Terlepas dari baik atau tidaknya duduk dengan posisi W, orang tua patut waspada jika anak mengalami gangguan berjalan, bicara tidak seimbang, atau berjalan pincang. Ajari juga cara duduk dengan variasi yang lain. 

Apabila orang tua melihat anak cenderung sulit untuk duduk atau terdapat gangguan berjalan, cobalah hubungi dokter anak atau terapis. 

Jika masih ingin tahu lebih lanjut seputar topik ini, orang tua dapat mengajukan pertanyaan kepada dokter melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. #JagaSehatmu dan keluarga selalu!

[RS]

Anakposisi w

Konsultasi Dokter Terkait