HomeIbu Dan anakKesehatan BayiPusar Bayi Ditempel Koin Agar Tidak Bodong, Mitos atau Fakta?
Kesehatan Bayi

Pusar Bayi Ditempel Koin Agar Tidak Bodong, Mitos atau Fakta?

dr. Muhammad Isman S, 29 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak sedikit orang tua menempelkan koin untuk mencegah pusar bodong pada bayi. Apakah cara ini efektif? Simak fakta lengkapnya di sini.

Pusar Bayi Ditempel Koin Agar Tidak Bodong, Mitos atau Fakta?

Pusar pada manusia diciptakan bukan tanpa alasan. Pusar berperan sebagai jalur pengiriman nutrisi bagi janin di dalam kandungan.

Ketika masih di dalam kandungan, janin belum bisa menyusu dan bernapas sehingga mereka memerlukan pusar untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Sebab, pusar terhubung dengan plasenta yang menjadi sumber nutrisi bagi janin.

Nah, ketika bayi dilahirkan, pusar membutuhkan waktu sekitar 1-3 pekan untuk dapat menutup dengan sempurna. Karena belum berkembang dengan baik, terkadang pusar bayi menonjol keluar.

Kondisi ini sering disebut sebagai pusar bodong. Untuk mencegah pusar bodong pada bayi, berbagai cara dilakukan, salah satunya adalah dengan menempelkan koin untuk pusar bayi ketika baru dilahirkan. 

Pakai Koin agar Pusar Bayi Tidak Bodong 

Menempelkan koin pada pusar bayi merupakan salah satu mitos yang berkembang turun-temurun di masyarakat Indonesia. Upaya yang dilakukan agar pusar bayi tidak bodong ini diyakini dapat mengatasi usus yang salah jalan.

Lantas, benarkah menempelkan koin bisa mencegah pusar bodong pada bayi?

Meletakkan koin pada pusar sama sekali tidak efektif untuk mengatasi pusar bodong yang dalam dunia medis dikenal pula sebagai hernia umbilikalis. Sebab, pusar bodong pada dasarnya disebabkan oleh otot perut bayi yang belum menutup sempurna. 

Terkadang, kondisi ini juga menyebabkan usus tidak sengaja masuk ke dalam celah tersebut.

Nah, penggunaan koin atau benda apa pun tidak efektif untuk mencegah hernia pada bayi baru lahir.

Artikel Lainnya: Cara Membersihkan Tali Pusat dan Pusar Bayi Baru Lahir

Penggunaan Koin untuk Pusar Bayi Justru Berbahaya?

Selain tidak bermanfaat sama sekali, menempelkan koin pada pusar bisa menyebabkan bayi kamu mengalami masalah kulit.

Pasalnya, bayi baru lahir memiliki kulit yang sangat lembut dan sensitif. Sehingga, sentuhan benda-benda asing, seperti koin, berpotensi mengiritasi kulit bayi. 

Selain itu, penggunaan koin juga dikhawatirkan memicu infeksi. Soalnya, cara ini berpotensi menyebabkan kuman masuk ke dalam pusar. Apalagi, kondisi koin biasanya tidak steril. 

Perlu kamu tahu, sistem pertahanan tubuh bayi baru lahir belum sempurna sehingga mereka rentan mengalami infeksi.

Hernia umbilikalis alias pusar bodong bukanlah penyakit berbahaya. Umumnya, penyakit ini tidak menimbulkan gejala lain dan bisa sembuh dengan sendirinya ketika si kecil memasuki usia 2-3 tahun.

Karena itu, kamu tidak perlu menggunakan koin untuk mengatasi pusar bodong pada bayi. Meski begitu, jika pusar masih menonjol di atas usia 4 tahun, segera konsultasikan dengan dokter spesialis anak untuk memperoleh penanganan lanjutan.

Kamu juga bisa berkonsultasi secara langsung melalui fitur tanya dokter anak di KlikDokter. Tidak lupa,  #JagaSehatmu ya dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui topik seputar kesehatan anak.

(ADT/JKT)

Pusar

Konsultasi Dokter Terkait