Kulit

Sianida Dapat Menyebabkan Gatal pada Kulit

dr. Kartika Mayasari, 06 Feb 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sianida merupakan racun berbahaya, bukan hanya ketika tertelan saja, tetapi ketika terkena kulit juga. Berikut info medisnya.

Sianida Dapat Menyebabkan Gatal pada Kulit

Sianida, yang sangat ramai diperbincangkan beberapa minggu terakhir, merupakan racun yang sangat berbahaya bagi manusia. Sianida merupakan racun yang sangat berbahaya baik yang sengaja maupun tidak sengaja mengonsumsinya.

Paparan  sianida dapat berakibat sangat fatal. Pasalnya, sianida mempunyai efek yang sangat membahayakan bagi seluruh organ dalam tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena sistem organ dalam tubuh manusia merupakan sesuatu yang paling sensitif terhadap paparan sianida.

Sistem organ dalam tubuh manusia tersebut, misalnya sistem saraf pusat (otak), Sistem Kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), dan sistem paru.

Sodium sianida digunakan secara komersial untuk keperluan fumigasi, electroplating, penggalian emas dan perak dari bijih, serta manufaktur kimia. Gas hidrogen sianida yang dirilis oleh natrium sianida memiliki bau khas pahit almond, atau dalam bahasa awam dikenal sebagai bau “apek”, tetapi sebagian besar orang tidak bisa mendeteksi bau tersebut.

Dalam jumlah yang sangat kecil, sianida ada di dalam makanan manusia, seperti pada apricort, akar tanaman singkong, dan buah cherry. Di India, sianida umumnya digunakan oleh tukang emas.

Selain berpengaruh kepada kerusakan organ, sianida ini ternyata juga mempunyai pengaruh jika kulit secara langsung terpapar olehnya. Beberapa efek yang ditimbulkan saat sianida mengenai kulit secara langsung, misalnya kulit akan gatal-gatal, kemerahan atau bahkan melepuh seperti terkena air panas jika kulit Anda tergolong kulit yang sangat sensitif. Dalam bahasa kedokteran, keluhan tersebut dinamakan Dermatitis Kontak Iritan karena sianida.

Dermatitis Kontak Iritan adalah penyakit akibat terpapar baham iritan. Salah satu bahan iritan tersebut adalah sianida. Jika Anda secara tidak sengaja ataupun secara sengaja terkena paparan sianida secara langsung, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut:

  • Segera lepaskan pakaian/benda yang terkena paparan sianida. Segera cuci pakaian/benda tersebut menggunakan pemutih jika Anda punya. Lalu keringkan dengan segera.
  • Jika sianida mengenai tangan Anda, sebaiknya cuci tangan Anda sesegera mungkin menggunakan sabun hingga benar-benar bersih.

Sianida

Konsultasi Dokter Terkait