Kesehatan Bayi

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Bayi

drg. Arni Maharani, 21 Jan 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Cara menjaga kesehatan gigi bayi memang berbeda-beda pada setiap orang. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi bayi ala drg. Arni Maharani? Berikut info medisnya.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Bayi

Cara Menjaga kesehatan gigi bayi harus dilakukan dengan benar dan dimulai sedini mungkin. Menjaga kesehatan gigi bayi menang merupakan suatu hal yang susah-susah gampang, karena orang tua dituntut untuk sabar, pintar, dan aktif dalam melakukannya.

Bila gigi anak sudah bermasalah, selain diperlukan biaya yang tidak murah, biasanya orang tua akan menjadi stres karena anak menjadi rewel dan susah makan.

Oleh karena itu, sebelum gigi anak berlubang atau bermasalah, ada baiknya Anda para orang tua menyimak beberapa tips dibawah ini agar terhindar dari masalah kesehatan gigi anak.

  • Biasakan membersihkan mulut bayi walaupun giginya belum tumbuh, yaitu dengan menggunakan kain yang bersih atau sikat gigi khusus bayi ketika mandi.

  • Ketika gigi telah tumbuh, maka bersihkanlah gigi setidaknya dua kali dalam sehari.

  • Hindari pemberian empeng atau benda lain sejenis yang dibaluri/dicelupi gula atau sesuatu yang bersifat manis.

  • Jangan biasakan anak tertidur dengan kondisi masih minum dengan botol dot berisi cairan yang mengandung gula, karena bisa menyebabkan gigi berlubang atau karies pada bayi yang disebut early childhood caries, dan hal ini cukup membahayakan bagi kesehatan gigi bayi.

  • Bawalah anak untuk mengontrol giginya ke dokter sedini mungkin, yaitu mulai usia satu tahun. Dengan kebiasaan kontrol ke dokter gigi sejak dini akan menyebabkan anak nantinya terbiasa ke dokter gigi dan tidak takut lagi jika memang harus melakukan perawatan gigi.

  • Walaupun jenis makanan dan minuman yang bersifat manis banyak disukai oleh anak, dan terkadang digunakan untuk membujuk atau mendiamkan anak ketika rewel, orang tua sebaiknya tahu bahwa makanan dan minuman yang mengandung gula dan bersifat manis sangat berisiko menyebabkan gigi berlubang.

    Ketika gigi anak sudah mengalami perubahan warna, yaitu terdapat bercak putih yang merupakan tanda-tanda kerusakan mineral gigi, maka orang tua harus mulai waspada karena kerusakan tersebut dapat berlanjut menjadi lubang pada gigi.

    Konsultasi Dokter Terkait