Pernapasan

Benarkah Batuk Pilek Karena Kehujanan?

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 14 Des 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kehujanan membuat batuk pilek menguasai tubuh Anda? Benarkah hujan merupakan satu-satunya biang kerok penyakit tersebut? Simak info medis dr. Jessica Florencia selengkapnya di sini.

Benarkah Batuk Pilek Karena Kehujanan?

KlikDokter.com - “Dok, saya kemarin naik sepeda motor tidak pakai jaket, jadi flu deh..”

“Dok, anak saya flu nih, karena kemarin main hujan-hujanan dan berenang terlalu lama.."

Demikian adalah beberapa keluhan yang sering muncul di ruang praktik dokter. Apakah flu disebabkan oleh hal-hal tersebut? Sebelum mengulik lebih lanjut, kita terlebih dahulu perlu memahami apa itu flu atau keluhan batuk, pilek, demam yang sering kita dan anak-anak alami.

Keluhan Batuk, Pilek, Demam sebenarnya perlu dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu Selesma (Common Cold) dan Influenza. Yang pertama lebih ringan daripada yang kedua. Keduanya meskipun memiliki gejala yang hampir sama namun merupakan penyakit yang berbeda. Keduanya disebabkan oleh virus dan ditularkan lewat udara atau kontak langsung lewat droplet saat seseorang bersin, batuk, pilek.

Selesma (Common Cold) merupakan batuk pilek yang sering terjadi dan biasanya disebabkan oleh Rhinovirus atau Cold virus lainnya yang jumlahnya ratusan. Penyakit ini termasuk ringan. Biasanya gejalanya adalah batuk, pilek, hidung tersumbat, bersin, dapat disertai demam ringan atau tidak. Penyakit ini biasanya dapat sembuh sendiri dan tidak berlangsung lama. Istirahat dan asupan cairan yang cukup serta makanan bergizi  dapat mempercepat terjadinya penyembuhan.

Berbeda dengan Influenza atau Flu. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza, yang dapat ditularkan dari manusia maupun hewan, seperti pada flu burung. Influenza merupakan batuk pilek yang lebih berat. Batuk dan pilek terjadi lebih lama, disertai dengan demam tinggi dan pegal-pegal atau rasa lemas pada otot. Penyakit ini membutuhkan pengobatan lebih khusus dan terkadang perlu untuk dirawat.

Pada keduanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Daya tahan tubuh memegang peranan penting Cold virus maupun virus influenza ada di sekitar kita, sehingga infeksi sangat mudah terjadi. Untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi, daya tahan tubuh berguna untuk melawan infeksi. Di sinilah, faktor seperti naik sepeda motor tanpa jaket, kehujanan, berenang terlalu lama, kurang tidur, kecapekan, kedinginan dan lainnya berperan. Ketika daya tahan tubuh kita kurang baik karena istirahat yang kurang, asupan nutrisi kurang seimbang dan kurang olahraga, maka faktor-faktor di atas dapat memperberat infeksi virus yang telah terjadi atau mempermudah terjadinya infeksi. Namun, bukan mereka penyebabnya. Termasuk makan gorengan atau minum es dingin, bukanlah penyebab batuk pilek, tetapi sebaiknya dihindari saat batuk pilek karena dapat memperberat kondisi dengan merangsang batuk lebih parah.

  • Dapat terjadi infeksi sekunder oleh bakteri Jika infeksi virus ini tidak segera sembuh maka dapat terjadi infeksi sekunder oleh bakteri. Biasanya ditandai dengan dahak atau cairan ingus yang lebih kental, berwarna kehijauan, keluhan yang tak kunjung reda dan lebih lama. Pada infeksi virus influenza yang tidak segera ditangani, penyakit dapat menjadi semakin berat hingga menyebabkan radang paru. Pada tahap ini, diperlukan pengobatan antibiotik untuk proses penyembuhan.

  • Jika dalam 2-3 hari tidak sembuh, perlu mengunjungi dokter Selesma dapat diatasi sendiri dengan pengobatan rumah atau pengobatan bebas untuk mengatasi keluhan. Istirahat dan cairan yang cukup, konsumsi nutrisi bergizi seimbang, sayur serta buah-buahan dapat membantu mempercepat pemulihan. Namun, jika keluhan tidak dapat diatasi sendiri dalam 2-3 hari sebaiknya segera mengunjungi dokter. Terlebih jika ada kecurigaan infeksi virus influenza, maka memerlukan penanganan segera. Jika ada kecurigaan infeksi bakteri sekunder, jangan mengkonsumsi antibiotik sendiri sembarangan. Hal ini sering menyebabkan pengobatan dengan dosis dan lama yang tidak tepat sehingga memicu terjadinya kekebalan terhadap antibiotik.

  • Dapat dicegah dengan cara sederhana: Mencuci Tangan Mencuci tangan adalah kunci penting dalam pencegahan segala penyakit, termasuk selesma dan influenza. Dengan menjaga kebersihan dan mencuci tangan, rantai penularan penyakit dapat diputus.

  • Jadi, jangan lagi kita menyalahkan cuaca, aktivitas maupun makanan sebagai penyebab batuk pilek yang kita alami. Virus dan bakterilah biang keroknya. Jagalah daya tahan tubuh dan sigap menjaga kebersihan dan mencuci tangan agar tidak mudah diserang virus dan bakteri yang beredar di sekitar kita.

    FlusakitPilek

    Konsultasi Dokter Terkait