Kulit

Ingin Kulit Cerah? Coba 5 Makanan Ini

dr. Citra Roseno, 15 Okt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kulit yang sehat berasal dari konsumsi makanan yang sehat juga.

Ingin Kulit Cerah? Coba 5 Makanan Ini

Amway Nutrilite

KlikDokter.com – Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kulit yang sehat adalah dengan mengonsumsi menu yang bergizi. Namun beberapa jenis makanan mengandung zat gizi lebih tinggi yang penting untuk kulit, sehingga sangat baik apabila disertakan dalam menu sehari-hari. Berikut di antaranya:

1. Sayuran hijau

Contoh makanan yang dimaksud adalah bayam, selada, kale, daun pepaya, kubis, kangkung, sawi hijau, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Zat gizi yang terkandung dalam sayuran hijau dan bermanfaat bagi kulit di antaranya vitamin B, C, dan E, serta asam lemak omega-3. Kadar antioksidan yang dimiliki bayam lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Antioksidan berperan melindungi dan mengurangi efek kerusakan kulit akibat radikal bebas dan sinar matahari.

2. Buah-buahan

Contohnya buah berwarna kuning, oranye, dan merah seperti jeruk, wortel, tomat, alpukat, nanas, dan beri.

Kandungan gizi yang terkandung seperti vitamin C berperan sebagai antioksidan dalam melawan radikal bebas, sehingga membantu menjaga kulit tetap elastis dan mencegah penuaan.

Sertakan 1 porsi buah dalam menu makan Anda. Penyajian dalam bentuk buah potong lebih baik dibandingkan dengan bentuk jus, karena kandungan serat yang lebih banyak.

Berikut makanan lainnya untuk kesehatan kulit Anda, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Ingin Kulit Cerah? Coba 5 Makanan Ini

3. Serealia dan biji-bijian

Contohnya makanan seperti beras merah, gandum, oatmeal, dan quinoa. Kemudian biji-bijian seperti biji bunga matahari, wijen, chia seeds, flax seeds, dan biji labu.

Zat gizi yang terkandung antara lain selenium, yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Ikan dan produk laut

Contohnya tiram, gurita, lobster, cumi, udang, salmon, kakap, tuna, dan ikan lainnya yang mengandung lemak.

Nutrisi yang terkandung adalah asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6, yang menjaga kadar minyak alami kulit sehingga kulit tetap lembab. Tiram tinggi akan mineral seng. Seng berperan dalam mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengontrol peradangan, serta membantu regenerasi kulit.

5. Kacang-kacangan

Contohnya kacang kenari, kacang brazil, kacang mete, kacang macadamia, kacang polong.

Nutrisi yang terkandung adalah asam lemak esensial, selenium, dan vitamin E yang membantu kulit mengatasi kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, minum air merupakan salah satu cara terbaik menjaga kilau kulit Anda. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terjaga kelembabannya, sehingga mengurangi penampakan garis halus dan keriput. Air juga mempermudah penyerapan nutrisi yang Anda peroleh dari makanan, serta melancarkan sirkulasi darah kulit. 

Cara Memutihkan Kulitmenghilangkan nodamemutihkan kulitWajah Bersih

Konsultasi Dokter Terkait