HomeInfo SehatPernapasanCara Menjaga Paru-Paru Agar Tetap Kuat
Pernapasan

Cara Menjaga Paru-Paru Agar Tetap Kuat

KlikDokter, 13 Okt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Paru-paru yang sehat akan membuat pernapasan menjadi lebih kuat. Apa yang bisa dilakukan untuk memeliharanya?

Cara Menjaga Paru-Paru Agar Tetap Kuat

KlikDokter.com – Bernapas merupakan proses vital dalam kehidupan. Organ yang mempunyai peran utama dalam sistem pernapasan adalah paru-paru. Apabila paru-paru berfungsi kurang baik, maka dapat menurunkan aliran oksigen ke seluruh tubuh serta menaikkan risiko terkena penyakit paru-paru lainnya. Saran terbaik untuk siapa pun yang ingin memiliki paru-paru sehat adalah, tentu saja, tidak merokok. Selain itu, diet yang sehat juga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru Anda.

Berikut adalah 6 cara lain yang dapat Anda terapkan untuk menjaga kesehatan paru-paru:

  1. Mengonsumsi antioksidan

Buah-buahan, terutama yang tinggi vitamin C, dapat melindungi paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidan.

  1. Meningkatkan udara di dalam ruangan

Pastikan udara masuk ke dalam rumah secara cukup. Bukalah jendela saat Anda membersihkan perabotan rumah atau melakukan kegiatan pembersihan lainnya.

  1. Melakukan olahraga

Bagi yang jarang berolahraga, mulailah rutinitas ini secara bertahap. Lakukanlah setidaknya 3 kali selama seminggu, mulai dari olahraga yang ringan seperti jalan kaki.

  1. Menghindari paparan polusi

Sebisa mungkin, hindari paparan polusi seperti debu, asap, abu, dsb. Gunakan masker saat Anda mengendarai motor atau kendaraan “terbuka” lainnya.

  1. Minum air yang cukup

Cairan dalam jumlah cukup menjaga kondisi tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Kondisi dehidrasi tentunya tidak baik untuk tubuh secara umum.

  1. Memilih produk yang aman

Perhatikan label pada produk yang hendak Anda beli – apakah mengandung bahan kimia yang berisiko atau tidak. 

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat paru-paru yang kuat. Untuk memelihara kesehatan paru-paru, selain dengan makan makanan bergizi seimbang dan berolahraga, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen kesehatan seperti BRAND’S® Saripati Ayam dengan tambahan cordyceps.

Sejak dulu cordyceps dipercaya kaya akan kandungan pengobatan yang dapat menguatkan energi (tenaga) dalam tubuh, serta memiliki manfaat untuk kesehatan saluran pernapasan, paru-paru, dan fungsi ginjal.

Anjuran konsumsi adalah satu botol per hari. BRAND’S® Saripati Ayam dapat dikonsumsi langsung dari botolnya, pada suhu ruangan, didinginkan atau dihangatkan. Apabila sudah dibuka, sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin dan dikonsumsi dalam maksimal 24 jam. Minum setiap hari, di mana saja, kapan saja, sebagai bagian dari hidup sehat Anda.(ADV)

Paru-paruSaripati AyamBRAND’S Saripati Ayam

Konsultasi Dokter Terkait