Pernapasan

Mengenal Berbagai Jenis Flu

dr. Dina Kusumawardhani, 31 Agt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahukah Anda, virus influenza yang biasa menyerang manusia memiliki beberapa jenisnya. Agar Anda tidak mudah tertular, ada baiknya ketahui selengkapnya bersama dr. Dina Kusumawardhani di sini.

Mengenal Berbagai Jenis Flu

KlikDokter.com - Kebanyakan orang berpikir flu itu merupakan satu jenis penyakit yang disebabkan oleh satu jenis virus. Padahal kenyataannya, virus influenza ada 3 jenis, yaitu virus A, B, dan C. Flu atau influenza merupakan virus yang sangat menular dan menginfeksi saluran napas.

Virus flu paling sering ditularkan melalui droplet yaitu partikel-partikel yang dikeluarkan saat seseorang batuk, bersin, atau bicara. Droplet tersebut dapat masuk ke mukosa mulut atau hidung orang yang berada di sekitarnya dan kemudian masuk ke paru-paru. Selain itu, kita juga bisa terkena flu karena memegang benda yang terkontaminasi virus flu kemudian menyentuh mulut atau hidung.

Di Amerika Serikat, flu menjadi menyebabkan 49.000 orang meninggal dan 200.000 orang harus rawat inap setiap tahunnya. Untuk mencegah penyakit ini, kita harus menjaga jarak dengan orang yang terinfeksi flu, mencuci tangan sesering mungkin, dan melakukan vaksinasi.

Apa perbedaan dari setiap jenis flu? Berikut penjelasan selengkapnya di halaman berikut.

Mengenal Berbagai Jenis Flu

Apa perbedaan dari setiap jenis flu? 

  • Virus A

Virus influenza tipe A ditularkan melalui binatang, misalnya unggas. Virus jenis ini dapat bermutasi secara konstan, dapat menyebabkan flu epidemik, dan menimbulkan gejala yang berat dan berbahaya. Virus A memiliki banyak subtype, yaitu 18 subtipe hemaglutinin (H) dan 11 subtipe neuroaminidase (N). Contohnya adalah virus H1N1, H3N2, H5N1 (avian flu), dan sebagainya.

  • Virus B

Virus jenis ini hanya ditemukan pada manusia. Gejalanya lebih ringan dibanding virus A, namun tetap saja dapat berbahaya. Virus B tidak memiliki subtype, namun terdiri dari 2njenis yaitu virus B yamagata dan victoria.

Artikel Lainnya: Urutan Gejala Flu dari Hari ke Hari

  • Virus C

Virus ini juga ditemukan pada manusia, gejalanya jauh lebih ringan dibandingkan virus A dan B.

Virus flu dapat bermutasi setiap saat, maka dari itu penting bagi kita untuk melakukan vaksin flu setiap tahunnya agar dapat melindungi tubuh dari strain virus flu yang terbaru. Vaksin flu umumnya melindungi kita dari 2 strain virus A (H1N1 dan H3N2) dan 2 strain virus B. Vaksin flu tidak mencakup virus C karena virus C hanya dapat menimbulkan gejala ringan dan tidak berbahaya bagi manusia.

FluInfluenzaTenggorokan keringGejalaTenggorokan SakitSakit MenelanPilek

Konsultasi Dokter Terkait