Kesehatan Anak

Gejala Awal Autisme pada Anak

dr. Nadia Octavia, 31 Agt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Meskipun tidak terdeteksi oleh pemeriksaan medis, autisme dapat dikenali melalui tanda-tanda awalnya. Berikut penjelasan dr. Nadia Octavia di sini.

Gejala Awal Autisme pada Anak

KlikDokter.com - utisme memang tidak dapat dideteksi oleh pemeriksaan medis seperti misalnya pemeriksaan radiologi atau pemeriksaan laboratorium. Oleh karena itu sebagai orangtua, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda dini dari autisme.

Berikut tanda-tanda awal dari autisme pada anak yang dapat dikenali, sesuai dengan rentang usianya:

Umur 6 bulan

Belum dapat mengekspresikan kesenangan atau kehangatan, tidak ada senyuman lebar

Umur 9 bulan

Tidak ada ekspresi wajah atau senyuman. Tidak ada pengeluaran suara-suara yang tidak jelas (seperti pada bayi seusianya yang mulai mengeluarkan suara namun tidak jelas). Mungkin tertawa sendiri tanpa alasan yang jelas.

Umur 12 bulan 

Tidak merespon jika namanya dipanggil. Tidak ada gumaman-gumaman seperti bayi seusianya (semisal “ba ba ba”). Tidak ada pergerakan berulang seperti menunjuk atau mengambil benda atau melambai. Sebagai contoh: ketika berbelanja, bukannya meminta atau menunjuk apa yang ia inginkan, anak Anda justru malah menaruh benda-benda di tangan Anda.

Lalu bagaimana dengan usia 16 dan 24 bulan? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

Gejala Awal Autisme pada Anak

Usia 16 bulan

Tidak ada kata-kata. Anak Anda tidak dapat mengutarakan keinginan dasarnya seperti ingin ke toilet, lapar, haus, dsb. Lebih suka sendirian dan tidak suka dipeluk (tidak seperti anak pada umumnya). Anak mungkin saja berbicara dengan Anda, namun tidak melihat Anda ketika berbicara.

Umur 24 bulan

Mengeluarkan kata-kata yang tidak ada artinya walaupun tidak sedang meniru/mengulangi perkataan seseorang. Anak Anda mungkin saja memiliki kemampuan yang sangat baik dalam suatu aktivitas spesifik seperti misalnya menggambar. Ia juga biasanya memiliki 1 benda khusus yang selalu melekat dengannya.

Jika anak Anda mengalami tanda-tanda di atas, belum tentu atau belumlah pasti anak Anda mengalami autisme, namun tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu sebagai orang tua selalu perhatikanlah perkembangan anak Anda secara detail agar jika ada penyakit atau gangguan tertentu bisa ditangani dan dideteksi lebih dini. 

autisAutisme AnakAtasi Autisme Pada Anak

Konsultasi Dokter Terkait