HomeInfo SehatKesehatan UmumWaspadai 4 Penyakit Saat Bulan Puasa
Kesehatan Umum

Waspadai 4 Penyakit Saat Bulan Puasa

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 09 Jul 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada sedikitnya 4 penyakit langganan yang sering muncul selama bulan puasa, berikut penjelasan selengkapnya bersama dr. Alvin Nursalim di sini.

Waspadai 4 Penyakit Saat Bulan Puasa

KlikDokter.com - Datangnya bulan suci Ramadan membawa suka cita bagi umat Muslim. Bulan ini ditandai dengan rutinitas puasa selama sebulan penuh. Perubahan pola makan saat puasa kadang ditemani dengan datangnya berbagai penyakit, khususnya pada hari-hari awal bulan puasa. Berbagai penyakit ini dapat dihindari dengan beberapa tips sederhana. Mari kita lihat apa saja penyakit yang umum menyerang saat bulan puasa.

  1. Diare

Selama bulan puasa, banyak orang akan menghabiskan waktu makannya diluar rumah, baik untuk berbuka bersama teman atau keluarga. Makan di tempat makan umum memiliki risiko infeksi saluran cerna, khususnya jika tempat makanan yang Anda kunjungi tidak menjaga kebersihan dengan baik. Jadi plihlah tempat makan yang menjaga kebersihan. Selain itu, hindari makanan yang terlalu pedas saat berpuasa, khususnya saat perut masih kosong. Cucilah tangan sebelum dan sesudah makan.

Berikut di halaman selanjutnya 3 penyakit lainnya yang biasanya muncul di bulan puasa.

Waspadai 4 Penyakit Saat Bulan Puasa

2. Sakit maag

Apakah Anda memiliki sakit maag? Penyakit ini merupakan penyakit yang sering menjadi kendala saat berpuasa. Namun sakit maag bukanlah kendala Anda untuk berpuasa. Makan sahur wajib untuk dilakukan, dan hindari makan dalam jumlah besar saat berbuka. Jangan langsung tidur setelah berbuka puasa. Karena hal ini dapat meningkatkan sekresi asam lambung. Selain itu, hindari stress pikiran, karena stress cenderung meningkatkan produksi asam lambung.

3. Radang tenggorokan

Peradangan tenggorokan dapat terjadi karena asupan cairan yang berkurang, sehingga tenggorokan akan cenderung menjadi lebih kering. Konsumsilah cairan yang cukup saat berbuka. Selain itu, hindari konsumsi makanan yang digoreng dan terlalu manis dalam jumlah banyak.

Berikut penyakit terakhir yang biasanya muncul di bulan puasa, di halaman selanjutnya.

Waspadai 4 Penyakit Saat Bulan Puasa

4. Dehidrasi

?Dehidrasi berarti kekurangan cairan tubuh. Hal ini umum ditemui akibat berkurangnya volume cairan yang dikonsumsi selama berpuasa. Tips yang dapat diikuti adalah dengan memastikan jumlah cairan yang cukup selama berbuka. Selain itu, hindari aktivitas berlebihan di bawah terik matahari yang menyebabkan keringat berlebihan. Cara mudah memastikan tubuh memiliki cairan yang cukup adalah dengan melihat warna dan jumlah cairan urin Anda.

Urin yang baik berwarna kuning muda dan jernih, dengan volume berkisar 12 cc/kgBB/ hari. Jadi jika berat badan Anda 50 kg, maka volume urin yang seharusnya keluar sebanyak 600 cc setiap hari .

Lemas saat puasaPuasa SegarCara Kuat Puasa

Konsultasi Dokter Terkait