Sukses

Inilah Tanda-tanda Anda Mengalami Intoleransi Gluten

Berapa banyak dari Anda yang belum mengetahui apa itu intoleransi gluten dan gejala-gejalanya? Dan apakah intoleransi gluten berbeda dengan alergi gluten? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Tropicana Slim Alergon

KlikDokter.com - Intoleransi terhadap gluten dapat didiagnosa di umur berapa saja. Pada orang-orang yang menderita intoleransi gluten, berbagai macam gangguan kesehatan dapat timbul bila mereka mengonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Nah, apa sih yang dimaksud dengan gluten? Gluten merupakan sebuah protein yang biasanya ditemukan di gandum, jelai (barley), dan gandum hitam. Pada umumnya, gluten aman dikonsumsi. Namun, ada sebagian orang yang intoleran terhadap gluten dan dapat mengalami gangguan kesehatan bila mengonsumsi gluten atau gandum. Pada orang yang pantang makan makanan gluten, pada prinsipnya dikarenakan 3 jenis intoleransi gluten di halaman berikut ini selengkapnya:

1 dari 3 halaman

Inilah Tanda-tanda Anda Mengalami Intoleransi Gluten

inilah-tandatanda-anda-mengalami-intoleransi-gluten
  • Alergi Gandum

Jenis intoleransi gluten ini adalah orang yang mengalami alergi terhadap protein gandum. Dimana besar kemungkinan alergi tersebut tidak hanya dipicu oleh protein gluten, namun protein dan kandungan lainnya yang terdapat pada gandum.

Pada alergi terhadap protein gandum, didasari oleh adanya alergi terhadap beberapa jenis protein di dalam gandum, termasuk diantaranya gluten. Selain gejala pencernaan yang menyerupai kedua kelainan lainnya, alergi terhadap gandum dapat menyebabkan kemerahan, hidung tersumbat, iritasi mata, sampai dengan kesulitan bernapas.

  • Non-celiac Gluten Intolerance

Pada jenis intoleransi ini, penderita mengalami sensitif terhadap gluten pada kadar tertentu. Namun demikian kondisi sensitivisasi yagn dialaminya tidak menenggarai menderita penyakit celiac. Pada dasarnya disebabkan intoleransi terhadap gluten dan komponen lain di dalam gandum yang tidak menyebabkan kerusakan permukaan usus. Gejala lainnya selain pencernaan adalah lemas, nyeri sendi, kelainan saraf, dan penurunan tingkat kesadaran.

  • Penyakit celiac

Pada orang yang menderita penyakit celiac, sangat disarankan untuk menghindari gluten sama sekali.  Sedangkan pada penyakit celiac, apabila mengkonsumsi gluten akan terjadi kerusakan permukaan usus. Gejala lain yang dapat menyertai adalah kelainan kulit, malnutrisi, anemia defisiensi besi, penurunan berat badan, kerontokan rambut, kelainan saraf, kelainan fungsi hati, nyeri sendi dan karies gigi.

Lalu bagaimana cara membedakannya? Halaman berikut penjelasannya:

2 dari 3 halaman

Inilah Tanda-tanda Anda Mengalami Intoleransi Gluten

Umumnya, ketiga kondisi ini memiliki gejala awal yang serupa yaitu timbulnya gangguan pecernaan setelah mengonsumsi gluten atau gandum. Gangguan pencernaan dapat berupa kembung, nyeri perut, dan diare. Walaupun gejala awalnya serupa, ketiga kondisi ini sesungguhnya berbeda.

Untuk membedakan ketiganya, diperlukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter. Apabila Anda merasakan adanya gangguan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten atau gandum, maka ada kemungkinan Anda menderita salah 1 dari ketiga kondisi di atas. Untuk mengetahuinya, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang dapat melakukan pemeriksaan khusus untuk mengetahui dengan pasti jenis gangguan yang Anda alami.

Jika memang terbukti, Anda pun dapat menanganinya dengan tepat, misalnya: dengan mengonsumsi diet yang bebas gluten atau gandum . Selain itu, konsumsilah makanan dengan gizi seimbang dan ketahuilah jenis makanan apa saja yang mengandung gluten agar Anda bisa menghindarinya. Selamat mencoba!

0 Komentar

Belum ada komentar