HomeInfo SehatTHTCara Membersihkan Kotoran Telinga
THT

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

dr. Dina Kusumawardhani, 12 Mei 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Cara membersihkan kotoran telinga tidak bisa dilakukan sembarangan. Karena salah tindakan, risikonya bisa menyebabkan hilangnya pendengaran. Mari simak penjelasan selengkapnya bersama dr. Dina Kusumawardhani disini.

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

KlikDokter.com – Cara membersihkan kotoran telinga tidak bisa dilakukan sembarangan. Karena salah tindakan, risikonya bisa menyebabkan hilangnya pendengaran.

Sebelum kita mendiskusikan cara membersihkan kotoran telinga, ada baiknya kita ketahui dahulu apa dan bagaimana kotoran pada telinga dapat terjadi.

Dengan demikian kita akan lebih mengetahui menangani kotoran pada telinga dengan baik dan benar.

Klik next untuk selanjutnya.

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Kotoran telinga atau serumen diproduksi oleh kelenjar yang berada di dalam liang telinga. Serumen ini berfungsi untuk menangkap debu atau partikel kecil yang berpotensi merusak atau menyebabkan infeksi agar tidak masuk ke dalam telinga. Jadi sebetulnya serumen dihasilkan untuk melindungi telinga.

Hal yang perlu diketahui adalah, untuk kebanyakan orang, telinga mungkin tidak perlu dibersihkan karena telinga dapat membersihkan kotoran dengan sendirinya.

Klik next untuk selanjutnya.

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Gunakan Kain atau Tissue. Jangan Menggunakan Cotton Bud.

Bersihkan bagian luar telinga dengan tissue atau kain bersih yang berbahan halus. Sumbatan atau gumpalan serumen biasanya terjadi akibat penggunaan cotton bud atau pinset telinga untuk membersihkan telinga. Penggunaan cotton bud justru akan mendorong serumen masuk ke dalam dan dapat menyebabkan cedera pada gendang telinga. Penggunaan cotton bud, hanya untuk pada bagian daun telinga (luar) saja dengan cara mengusap perlahan.

Silakan klik next untuk selanjutnya.

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Cairan Pelunak Serumen

Untuk serumen yang keras dan padat, masukan cairan serumen olitik (cairan untuk melarutkan serumen) ke dalam liang telinga.

Anda dapat menggunakan baby oil, mineral oil, glycerin, tetes telinga berbahan peroxida, hydrogen peroxide dan larutan garam.

Meskipun beberapa produk dijual bebas dan mudah ditemui di pasaran, untuk penggunaan cairan pelunak serumen sangat disarankan dengan bantuan pengawasan dan penilaian dokter sebelumnya.

Tidak sembarangan digunakan tanpa indikasi.

Silakan klik next untuk selanjutnya.

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Irigasi

Irigasi dapat dilakukan dengan menggunakan menggunakan spuit/suntikan yang telah diisi air atau larutan salin/garam. Gunakan air hangat atau sesuai dengan suhu tubuh untuk mencegah pusing. Irigasi dilakukan setelah serumen dilunakkan dengan cairan serumen olitik. Irigasi tidak boleh dilakukan pada orang yang dicurigai memiliki perforasi (lubang) di gendang telinga.

Silakan klik next untuk selanjutnya.

 

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Terapi Ear Candle Tidak Direkomendasikan

Selain tidak terbukti secara ilmiah, terapi ini juga bisa menyebabkan luka bakar dan cedera pada telinga. Banyak yang mengklaim terapi ini dapat mengangkat kotoran telinga, menyembuhkan sinusitis, vertigo, gangguan pendengaran, bahkan kanker. Namun berdasarkan studi yang dilakukan oleh Seeley yang diterbitkan pada jurnal Laryngoscope berjudul “Ear Candles–Efficacy and Safety”ear candle tidak berfungsi mengangkat kotoran telinga malah dapat menyebabkan cedera serius lainnya.

Silakan klik next untuk selanjutnya.

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Menggunakan Alat

Serumen dapat diangkat dengan alat khusus yang biasanya dimiliki oleh dokter, seperti sendok serumen, forsep, atau alat penghisap. Untuk penanganan ini dapat dilakukan dengan kunjungan ke dokter spesialis THT setelah adanya pemeriksaan yang menyeluruh oleh dokter yang berkompetensi. Dalam proses kunjungan ke dokter, sifat keterbukaan dan informatif akan sangat membantu proses penilaian dokter yang memeriksa Anda. Semakin Anda tertutup, semakin sulit dan jauh dari tepat sasaran pengobatan dari yang diharapkan.

 

Cara Membersihkan Kotoran Telinga