Perawatan Wanita

Percantik Vagina dengan Operasi Labiaplasty

Gerardus Septian Kalis, 02 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak hanya wajah, kini tampilan vagina pun bisa dipercantik. Caranya adalah dengan operasi labiaplasty.

Percantik Vagina dengan Operasi Labiaplasty

Berbagai macam metode perawatan diri tersedia untuk wanita. Tidak hanya untuk wajah, kini juga tersedia sebuah metode untuk mempercantik vagina, yaitu dengan operasi labiaplasty.

Labiaplasty adalah operasi untuk meremajakan bibir vagina (labia). Dokter Salma Oktaria, Sp KK mengungkapkan, operasi ini biasanya diikuti dengan vaginoplasty atau vaginal rejuvenation (peremajaan vagina) dimana vagina dioperasi untuk memperbaiki kecacatan yang ada.

“Operasi vaginoplasty dan labiaplasty dapat mengembalikan kondisi vagina seperti saat sebelum kehamilan, meningkatkan kontrol otot untuk berkontraksi dan meregang, pada akhirnya mendatangkan kesenangan seksual untuk pasien,” ungkap dr. Salma.

Artikel Lainnya : Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Pasien yang ingin menjalani operasi labiaplasty biasanya datang dengan dua alasan, yakni:

1. Alasan kosmetik

Perasaan malu dan tidak bahagia saat berhubungan seksual membuat beberapa wanita kehilangan rasa percaya diri. Karenanya, mereka yang demikian menginginkan sebuah perubahan pada organ seksual. Kebanyakan pasien menjalani labiaplasty untuk mengurangi panjang bibir vaginanya.

2. Alasan medis

Bibir vagina yang panjang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman, terutama ketika berolahraga, berhubungan seksual, atau mengenakan celana ketat. Karena itu, operasi labiaplasty sering dijadikan sebagai jalan keluarnya.Menurut dr. Salma, operasi labiaplasty sebaiknya dilakukan jika ada alasan medis tertentu. Hal ini karena operasi tersebut bisa menimbulkan efek samping berupa:

  • Pembesaran diameter vagina
  • Pembentukan vagina tidak sempurna
  • Keruntuhan rahim atau kandung kemih
  • Sobeknya vagina
  • Sulit menahan air kecil saat batuk

Wanita yang telah menjalani labiaplasty akan merasakan sesuatu yang tidak nyaman pada bagian yang dioperasi. Penyembuhan sempurna baru dicapai setelah 6 minggu.

Tertarik untuk mempercantik tampilan vagina dengan operasi labiaplasty? Jangan lupa untuk mendiskusikannya terlebih dahulu pada suami Anda, ya!

[NB/ RVS]

Vaginaoperasi vaginaOperasi LabiaplastyTampilan Vagina

Konsultasi Dokter Terkait