Seks

4 Manfaat Berciuman

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 07 Mei 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sudah tahu apa manfaat berciuman? Mari simak penjelasan medis dr. Alvin Nursalim di artikel ini.

4 Manfaat Berciuman

KlikDokter.com - Berciuman merupakan suatu bentuk tanda kasih sayang terhadap seseorang. Memang terkadang kita berpikir berciuman itu tidak ada efek baik untuk tubuh, malah kadang kita berpikir berciuman itu justru buruk karena salah satu efeknya adalah terjadi penularan beberapa jenis kuman. 

Tak hanya dampak negatifnya saja, ternyata ciuman pun memiliki dampak positif yang menyehatkan tubuh. Apa saja dampak positif tersebut? Mari simak 4 manfaat berikut.

Silakan klik next.

 

4 Manfaat Berciuman

  1. Berciuman Baik Untuk Kesehatan Gigi

Berciuman menstimulasi produksi ludah yang ternyata dapat membantu membasmi bakteri-bakteri di gigi sehingga mencegah pembentukan dari karang gigi.

  1. Membakar Kalori

Memang tidak sembanding dengan olahraga namun berciuman ternyata dapat juga membakar kalori. Berciuman dapat membakar 2 -6 kalori per menit. Saat berciuman Anda juga memperkerjakan otot-otot wajah yang dapat membantu melawan kerutan wajah.

  1. Menghilangkan Stres

Perasaan relaksasi setelah berciuman bukan hanya merupakan pikiran Anda. Sebuah studi kecil pada tahun 2009 menunjukkan bahwa pria dan wanita menunjukkan penurunan kadar hormonn kortisol (hormon untuk relaksasi) yang tinggi pada saat berciuman dibandingkan saat mereka berpegangan tangan.

  1. Menghilangkan Alergi

Sebuah studi kecil yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa pasangan yang berciuman selama 30 menit memiliki kadar antibodi IgE yang lebih rendah. Dimana antibodi ini yang memicu reaksi alergi.

  

Manfaatsehatcium4Berciuman

Konsultasi Dokter Terkait