Kehamilan

Cara Memilih Camilan yang Sehat Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Klikdokter, 27 Apr 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jangan sampai salah makan dan merugikan bayi Anda. Simak disini panduan memilih camilan yang sehat selengkapnya.

Cara Memilih Camilan yang Sehat Bagi Ibu Hamil & Menyusui

KlikDokter.com - Di tengah banyaknya pilihan produk makanan camilan, seorang ibu harus cermat memilih camilan yang sehat untuk anaknya, dan juga untuk dirinya – termasuk juga ibu dalam masa kehamilan dan menyusui. Agar terbebas dari rasa khawatir, produk makanan camilan apa yang dapat menjadi pilihan sehat para ibu?

Selain makanan utama, makanan camilan juga penting diperhatikan para ibu untuk kesehatan seluruh keluarga. Banyak camilan yang tinggi lemak, gula, dan garam sehingga kurang sehat dikonsumsi.

Memilih jenis makanan camilan seperti ini dapat menyumbang kalori berlebih namun rendah nilai nutrisinya. Jika terus berlanjut, asupan nutrisi bisa tidak tercukupi. Bagi ibu hamil, hal ini dapat menyebabkan calon bayi mengambil nutrisi yang dibutuhkan dari tubuh ibu, sehingga merugikan kesehatan ibu. Dan bagi anak-anak, kekurangan nutrisi dapat mengganggu pertumbuhan1 dan perkembangannya2.

Tidak hanya bagi ibu hamil, para ibu yang sedang menyusui pun harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Asupan nutrisi saat menyusui penting diperhatikan karena proses menyusui membutuhkan banyak energi3 dan dapat mempengaruhi komposisi beberapa nutrisi pada ASI4.

Lalu bagaimana cara memilih camilan yang sehat? Halaman berikut penjelasan selengkapnya.


Cara Memilih Camilan yang Sehat Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Ada banyak pilihan sehat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui sebagai camilan maupun makanan berat, seperti:

  • buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral,
  • bijian utuh yang kaya serat,
  • daging (pilih bagian yang rendah lemak) dan kacang-kacangan yang kaya protein dan zat besi,
  • serta susu rendah lemak dan produk olahannya.

Batasi juga makanan yang tinggi lemak jenuh, gula, dan garam5 karena umumnya makanan tersebut tinggi kalori namun rendah kandungan nutrisinya,6.

Sayangnya, pasti akan ada momen dimana ibu hamil dan menyusui ingin mengkonsumsi camilan lain yang cenderung tinggi gula, garam dan lemak. Sebagai salah satu pilihan camilan yang sehat dan nikmat, kini tersedia Tropicana Slim Alergon Cookies yang bebas gula pasir karena menggunakan gula buah, bebas gluten karena dibuat menggunakan tepung singkong dan tepung beras putih, bebas protein hewani seperti susu dan telur, dan bebas bahan pemicu alergi lainnya (kacang – kacangan, ikan, kerang, dan sebagainya). Tropicana Slim Alergon Cookies adalah pilihan camilan sehat untuk para ibu Indonesia untuk seluruh keluarga. Tropicana Slim Alergon, It’s All Good.

Camilan Sehat Menyusui Hamil

Konsultasi Dokter Terkait