Kesehatan Umum

4 Bahaya Lemak di Perut Pada Pria

dr. Nadia Octavia, 15 Apr 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tumpukan lemak yang terlokalisir pada perutatau yang lebih populer dikenal dengan sebutan belly fat, tidak hanya terkumpul di bawah kulit namun juga menyelubungi organ-organ di dalam perut Anda...

4 Bahaya Lemak di Perut Pada Pria

KLIKDOKTER.COM - Apakah itu belly fat dan apakah berbahaya?

Tumpukan lemak yang terlokalisir pada perut atau yang lebih populer dikenal dengan sebutan belly fat, tidak hanya terkumpul di bawah kulit namun juga menyelubungi organ-organ di dalam perut Anda.

Belly fat sendiri dapat meningkatkan risiko:

  • Penyakit kardiovaskular
  • Diabetes tipe 2
  • Kanker kolorektal
  • Gangguan tidur

Apakah usia dan faktor genetik juga berperan dalam timbulnya belly fat?

Berat badan Anda ditentukan oleh keseimbangan apa yang Anda makan dengan energi yang dibakar. Faktor usia dan genetik juga berperan besar dalam hal ini.

Saat usia bertambah, Anda akan kehilangan masa otot terutama jika Anda tidak aktif secara fisik. Hilangnya massa otot akan menurunkan kecepatan tubuh dalam menggunakan dan membakar kalori.

4 Bahaya Lemak di Perut Pada Pria

Apakah hanya bir yang dapat menyebabkan terbentuknya belly fat atau beer belly?

Jawabannya tidak. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebih, apapun jenisnya (termasuk bir) dapat meningkatkan penumpukan lemak pada area perut.

Bagaimana saya dapat mengetahui apakah belly fat saya berlebih?

Pada pria, jika ukuran lingkar pinggang lebih dari 102 cm mengindikasikan konsentrasi lemak pada perut yang tidak sehat dan meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan.

Bagaimana Menghilangkan Lemak di Perut?

Anda dapat membentuk otot perut dengan sit-up atau dengan menggunakan alat lainnya di gym. Namun hal itu tidak dapat serta merta menghilangkan lemak yang membungkus organ dalam Anda. Untuk menghilangkannya Anda dapat mencoba cara-cara berikut:

  • Diet yang sehat Perbanyak konsumsi sayuran, buah, gandum dan protein. Batasi lemak jenuh yang terdapat pada daging dan produk susu seperti mentega dan keju. Pilihlah lemak tak jenuh seperti pada kacang-kacangan, ikan dan minyak zaitun
  • Jagalah porsi makan Anda Kurangi porsi makan Anda dan makanlah dalam porsi kecil namun sering
  • Aktivitas fisik

4 Bahaya Lemak di Perut Pada Pria

Untuk orang dewasa dianjurkan untuk melakukan aktivitas aerobik sedang seperti jalan cepat, paling tidak 150 menit/minggu atau aktivitas aerobik berat seperti jogging, paling tidak 75 menit/minggu.

Anda dapat menghilangkan lemak pada area perut namun memang dibutuhkan usaha dan kesabaran. Namun ingatlah dan tetapkan tujuan, jika Anda dapat menurunkan berat badan dan belly fat, maka Anda dapat hidup lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](NO)

 

Lemak Di Perut Pada PriaIni Bahayanya!

Konsultasi Dokter Terkait