Diet dan Nutrisi

13 Makanan untuk Awet Muda

dr. Sophia B. Hage, 13 Apr 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penuaan dini akhir-akhir ini banyak terpicu dari makin banyaknya pencetus zat radikal bebas yang terdapat dari asupan harian nutrisi kita.

13 Makanan untuk Awet Muda

KLIKDOKTER.COM - Penuaan dini akhir-akhir ini banyak terpicu dari makin banyaknya pencetus zat radikal bebas yang terdapat dari asupan harian nutrisi kita. Baik makanan, minuman atau bahkan gaya hidup (merokok) menjadi faktor pencetus utama hadirnya zat radikal bebas yang berujung pada penuaan dini atau bahkan lebih mengerikannya lagi yakni munculnya kondisi penyakit degeneratif yang fatal, antara lain seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung koroner, osteoporosis ataupun bahkan dapat menyebabkan juga kondisi kegagalan organ tubuh.

Karena diforsir bekerja mencerna asupan yang tidak ideal dan tidak menyehatkan, tak ayal tubuh menjadi lebih tua dari pada usia seharusnya. Tak pelak tidak hanya terlihat pada penampilan diluar, tapi juga kondisi organ didalam yang semakin menurun vitalitasnya.

Namun jangan khawatir, Prof. Dr. dr. Askandar Tjokroprawiro, SpPD, K-EMD dalam suatu kesempatan menyampaikan beberapa tips makanan-makanan yang melawan zat radikal bebas, yang dapat mencegah penuaan dini. Berikutnya adalah:

13 Makanan untuk Awet Muda

  1. Buncis. Jangan lagi singkirkan warna hijau dari piring Anda, dan mulai konsumsilah buncis.
  2. Bawang putih. Bumbu masakan yang baunya khas ini sangat berguna bagi kesehatan dan juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.
  3. Teh hijau. Minuman yang populer di negeri Sakura ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan paling baik dikonsumsi tanpa gula tentunya.
  4. Merica. Selain mengandung antioksidan yang tinggi, merica juga mengandung mineral tinggi seperti zat besi.
  5. Tomat. Dengan kandungan vitamin C dan vitamin A yang tinggi, tomat menjadi salah satu pilihan makanan paling sehat.
  6. Kacang-kacangan. Kita dianjurkan mengkonsumsi kacang-kacangan sebanyak 1 mangkok per hari. Akan tetapi, hindarilah kacang-kacangan yang digoreng dan pilihlah kacang yang dipanggang atau direbus.
  7. Wortel. Meskipun tidak terbukti mengurangi mata minus, akan tetapi mengkonsumsi vitamin A tinggi yang terdapat pada wortel akan membantu menjaga kesehatan kita.
  8. Pepaya. Buah ini merupakan sumber serat dan nutrisi yang baik, yaitu vitamin A, vitamin C dan folat.
  9. Jeruk. Sebagai sumber vitamin C tinggi, jeruk sebaiknya menjadi bagian dari asupan makanan kita sehari-hari.
  10. Kurma. Buah ini terkenal saat bulan Ramadhan, tetapi sebenarnya juga baik dikonsumsi sehari-hari.
  11. Apel. Buah yang tinggi vitamin A ini sebenarnya paling baik dikonsumsi dengan kulitnya.
  12. Brokoli. Sayuran hijau ini selain tinggi anti oksidan juga tinggi kadar kalsiumnya.
  13. Kubis. Sayuran ini merupakan sumber serat yang tinggi dan juga tinggi beta karoten.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](SH)

 

13 Makanan Untuk Awet Muda

Konsultasi Dokter Terkait