Kesehatan Umum

Jangan Anggap Sepele Cegukan!

dr. Nadia Octavia, 15 Mar 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Cegukan biasanya sangat wajar terjadi. Tapi waspadalah jika cegukan selalu muncul dan lama untuk berhenti. Berikut penjelasan dr. Nadia Octavia disini.

Jangan Anggap Sepele Cegukan!

KlikDokter.com - Apakah yang terjadi sewaktu cegukan? Cegukan atau hiccup terjadi ketika adanya spasme (ketegangan otot) pada kontraksi diafragma, yaitu suatu otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut. Spasme ini menyebabkan pengambilan nafas seketika berhenti dengan tertutupnya pita suara (glottis). Penutupan inilah yang menyebabkan karakteristik suara cegukan.

Apa yang menyebabkan cegukan?

Lambung yang penuh dapat menyebabkan terjadinya cegukan yang akan hilang dengan sendirinya. Lambung yang penuh dapat disebabkan oleh:

  • Makan terlalu banyak & terlalu cepat
  • Mengonsumsi terlalu banyak alkohol
  • Merokok
  • Perubahan seketika pada temperatur lambung, misalnya minum terlalu panas kemudian terlalu dingin
  • Stress emosional

Selain itu, cegukan dapat merupakan suatu tanda adanya suatu penyakit, misalnya: diabetes, penyakit ginjal kronis, gangguan elektrolit, deviasi septum, stroke, meningitis, ensefalitis, laringitis, dan lain - lain.

Berapa lama cegukan biasanya berlangsung? Halaman berikut selengkapnya:

Berapa lama cegukan biasanya berlangsung?

Berapa lama cegukan biasanya berlangsung? Halaman berikut selengkapnya:

Cegukan biasanya berhenti dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam. Cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam, perlu dicurigai merupakan suatu tanda adanya masalah kesehatan serius yang membutuhkan konsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Bagaimana mengatasi cegukan?

Kebanyakan cegukan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam dan tidak membutuhkan terapi khusus.

Kebanyakan terapi untuk mengatasi cegukan yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Kebanyakan diantaranya adalah untuk meningkatkan level karbon dioksida di dalam darah, yang dapat menghentikan cegukan. Terapi - terapi tersebut diantaranya:

  • Tahan nafas Anda dan hitung perlahan hingga hitungan 10.
  • Bernafaslah secara berulang dan regulang ke dalam kantong kertas untuk periode tertentu.
  • Minum dengan cepat seteguk air dingin.
  • Konsumsi 1 sdm gula atau madu.

Sedangkan terapi untuk cegukan yang persisten tergantung dari penyebab dasarnya dan bervariasi dari penatalaksanaan dengan obat hingga akupuntur atau hipnosis. Jika Anda mengalami cegukan yang berlangsung beberapa hari atau lebih, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cegukan

Konsultasi Dokter Terkait