Sukses

Anda Kurang Tidur? Jangan Menyetir Kendaraan Dulu!

Jika Anda kurang tidur, Anda akan menderita microsleep. Dimana Anda akan tertidur tiba-tiba selama 1 detik atau hingga 30 detik. Bayangkan jika microsleep terjadi ketika menyetir kendaraan.

KlikDokter.com - Mungkin belum banyak yang mendengar mengenai microsleep. Fenomena microsleep adalah suatu keadaan dimana terjadi beberapa kali episode seseorang kehilangan atensi mendadak  yang terjadi akibat kurang tidur. Microsleep merupakan konsekuensi paling membahayakan dari insomnia.

Mengapa demikian? Karena sebagian besar orang yang mengalami microsleep tidak menyadarinya. Jika microsleep terjadi saat sedang menonton televisi tentunya tidak perlu khawatir. Bayangkan saja jika saat seseorang mengemudi kendaraan dan tertidur beberapa detik, hal tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan. Begitupula bila sedang mengoperasikan benda berat, tentu akan menjadi bencana.

Microsleep dapat terjadi mulai dari hitungan 1 detik hingga 30 detik. Ketika dalam keadaaan microsleep seseorang tidak dapat merespon informasi yang didapat dari luar. Beberapa serabut saraf di bagian otak pada seseorang yang mengalami kurang tidur dapat mendadak “off-line”, menjadi situasi seperti tidur namun bagian otak lainnya tetap terjaga.

Apa saja gejala microsleep? Halaman berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Apa Saja Gejala Microsleep?

kurang, tidurSebelum seseorang merasa lelah, sebenarnya tubuh sudah memberikan tanda sebelumnya untuk menghentikan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan.

Microsleep dapat menimbulkan beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Bila Anda menemukan gejala ini pada seseorang yang sedang menjalankan pekerjaan baik mengemudikan kendaraan atau mengerjakan kerjaan lainnya yang membutuhkan kewaspadaan tinggi beritahu orang tersebut untuk berhenti sementara dan beristirahat sekitar 20 menit.

Berikut adalah beberapa gejala microsleep:

  • Tatapan kosong
  • Peningkatan frekuensi mengedipkan mata (lebih sering berkedip namun gerakan berkedip lambat)
  • Menundukkan kepala
  • Kelopak mata jatuh

<iframe width="420" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/haTApXretfg" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Bila Anda sering merasa mengantuk di siang hari, mungkin Anda mengalami satu diantara kondisi di bawah ini:

  • Gangguan tidur seperti sleep apnea menyebabkan aliran oksigen ke otak berkurang sehingga seringkali penderita sleep apnea merasa mengantuk di siang hari. Pengendara truk yang mengalami gangguan ini memiliki risiko kecelakaan lalu lintas 2x lebih besar.
  • Insomnia menyebabkan hutang tidur yang mengakibatkan Anda mengantuk
  • Jaga malam atau pekerjaan yang mengharuskan Anda bekerja di malam hari
  • Obat-obatan seperti obat anti alergi dan obat flu terkadang ada yang memberikan efek mengantuk.

Adakah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah microsleep? Halaman berikut ini penjelasannya:

2 dari 3 halaman

Adakah Cara yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Microsleep?

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah microsleep:

  • Bila Anda merasa berisiko mengalami microsleep, hindari pekerjaan yang membutuhkan atensi terus menerus. Bila hal tersebut tidak memungkinkan, beristilahatlah bila Anda sudah merasa tidak sanggup.
  • Konsumsi kopi setidaknya 30 menit sebelum beraktifitas.
  • Power nap. Tidur singkat dalam jangka waktu tak lebih dari 20 menit merupakan cara cepat dan efektif untuk membuat tubuh Anda segar kembali. Pastikan jangan lebih dari 30 menit karena bila lebih dari 30 menit akan membuat Anda tertidur dalam sehingga sulit bagi Anda untuk bangun kembali dan Anda akan merasa lebih mengantuk setelahnya, kecuali Anda menyelesaikan satu siklus tidur dari tidur dalam kembali ke tidur ringan lagi yang memakan waktu lebih kurang 90 menit.
  • Olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu dan 20 menit tiap kalinya. Tak perlu olahraga berat. Olahraga seperti jalan santai atau jogging pun sudah cukup. Olahraga yang rutin membuat seseorang lebih mudah tidur dan memiliki kualitas tidur yang baik.

Terlepas dari semua tips di atas tidak ada cara yang lebih hebat dan lebih baik dari waktu tidur di malam hari yang cukup. Tidur yang cukup minimal 8 jam sehari dapat membuat tubuh Anda segar untuk menjalankan aktivitas di hari berikutnya. 

0 Komentar

Belum ada komentar