HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi17 Manfaat Tak Terduga dari Jambu Biji untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

17 Manfaat Tak Terduga dari Jambu Biji untuk Kesehatan

Aprinda, 28 Jul 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jambu biji kaya akan nutrisi, salah satunya vitamin C. Lantas, apa saja manfaat jambu biji?

17 Manfaat Tak Terduga dari Jambu Biji untuk Kesehatan

Ada banyak jenis buah jambu, salah satunya yang cukup digemari adalah jambu biji. Di pasaran, kamu bisa menemukan jambu biji merah dan jambu biji putih.

Jambu biji bisa dinikmati langsung. Kadang juga disajikan menjadi rujak buah atau dibuat jus. Rasanya yang manis dan agak asam dengan harum yang khas membuat buah ini disukai banyak orang.

Selain rasanya yang enak, ternyata buah jambu biji merah maupun jambu biji putih mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh. Berikut berbagai manfaat jambu biji merah dan jambu biji putih yang perlu kamu tahu.

1. Kaya Nutrisi

Melansir situs Panganku, per 100 gram jambu biji mengandung zat gizi berikut.

  • Air: 8.6 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 12,2 gram
  • Kalsium: 14 mg
  • Fosfor: 28 mg
  • Zat besi: 1,1 mg
  • Natrium: 10 mg
  • Kalium: 52,8 mg
  • Tembaga: 0,02 mg
  • Zink: 0,3 mg
  • Beta Karoten: 27 mcg
  • Vitamin B1: 0,02 mg
  • Vitamin B2: 0,03 mg
  • Vitamin B3: 0,8 mg
  • Vitamin C: 87 mg

Dengan kandungan buah jambu biji di atas, tentu ada banyak manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jambu biji merah maupun jambu biji putih masuk dalam deretan buah yang tinggi vitamin C. Bila buah jambu dikonsumsi secara rutin, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari vitamin C, terutama dalam meningkatkan sistem imun.

Sistem imun bertugas untuk melawan patogen (bibit penyakit) yang akan menginfeksi tubuh. Jika sistem imun semakin kuat, itu artinya kamu tidak mudah jatuh sakit.

Nah, karena bantu memperkuat imun, buah jambu biji merah maupun putih ini sebenarnya baik untuk pasien DBD dan penyakit infeksi lainnya.

3. Mencegah Sembelit

Salah satu khasiat jambu biji lainnya adalah mampu mencegah sembelit. Jambu biji mengandung serat tinggi. Zat gizi ini dapat mencegah terjadinya sembelit.

Manfaat jambu biji merah maupun jambu biji putih ini berasal dari kemampuan serat dan menjaga tekstur feses tetap lunak.

Dengan begitu, feses dapat melewati usus besar dengan mudah dan dikeluarkan dari tubuh.

4. Menyehatkan Pencernaan

Tahukah kamu bahwa salah satu khasiat jambu biji Kandungan serat pada jambu biji tidak cuma mencegah sembelit tapi juga menyehatkan sistem pencernaan.

Pasalnya, serat bisa menjadi makanan bagi bakteri baik di usus. Terjaganya keseimbangan bakteri di usus bisa mengoptimalkan kinerja bakteri baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mencerna serta menyerap nutrisi suatu makanan.

5. Melancarkan Diet

Bila kamu ingin menurunkan berat badan, biasanya asupan kalori perlu dikurangi sebanyak 500 kalori. Oleh karenanya, pilihan makanan harus diperhatikan. Salah satu cara mengakali hal ini adalah dengan meningkatkan konsumsi sayur dan buah.

Buah jambu biji bisa menjadi pilihan tepat untuk diet sehat. Selain kaya nutrisi yang menyehatkan tubuh, jambu biji bisa memberikan energi sebanyak 49 kalori per 100 gramya.

Kandungan serat jambu biji juga bisa bertahan lama di perut, sehingga membuat kamu kenyang lebih lama.

Artikel Lainnya: Buah Ini Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan

6. Mengobati Diare

Tidak hanya buahnya, jambu biji juga sering dimanfaatkan daunnya sebagai obat alami untuk diare.

Dalam penelitian pada Medical Journal of Lampung University, diketahui ada senyawa aktif dalam daun jambu biji yang berfungsi sebagai antidiare, yakni flavonoid quercetin dan zat aktif lainnya.

Quercetin dapat menghambat pelepasan asetilkolin dan kontraksi usus, tanin memiliki efek menurunkan peristaltik usus, minyak atsiri dan alkaloid sebagai pembunuh mikroorganisme dan penghambat pertumbuhan di usus.

7. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol terbagi menjadi dua, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Walaupun tubuh membutuhkan kolesterol, jumlahnya tidaklah banyak.

Jika kadarnya terlalu tinggi, ini akan menyebabkan kondisi kolesterol tinggi dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Konsumsi jus jambu biji diketahui dapat memberikan manfaat positif pada kolesterol dalam tubuh, yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

8. Mengendalikan Tekanan Darah

5 Cara Mudah untuk Menurunkan Tekanan Darah

Keunggulan jambu biji lainnya adalah kandungan kalium yang tinggi, yaitu sekitar 14 mg per 100 gramnya.

Kalium berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengendalikan keseimbangan cairan tubuh, dan membantu menurunkan tekanan darah.

Manfaat jambu biji ini bisa kamu dapatkan dengan minum jus maupun mengonsumsi buahnya langsung secara rutin.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat memperberat kerja jantung dan mengurangi fleksibilitas pembuluh darah. Sementara kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan penumpukan plak yang mengganggu aliran darah ke jantung.

Konsumsi buah jambu biji dapat mengontrol tekanan darah sekaligus kadar kolesterol dalam tubuh. Efeknya ini melindungi jantung dan pembuluh darah di sekitarnya.

10. Mengontrol Kadar Gula Darah

Glukosa darah atau gula darah adalah gula utama yang ditemukan dalam darah dan menjadi sumber energi utama tubuh.

Gula darah berasal dari makanan dan tubuh memecah sebagian besar makanan itu menjadi glukosa dan melepaskannya ke aliran darah. Ketika glukosa darah naik, tubuh memberi sinyal pada pankreas untuk melepaskan insulin.

Kemudian, insulin adalah hormon yang membantu glukosa masuk ke sel untuk digunakan sebagai energi. Untuk menjaga gula darah tetap stabil, kamu perlu menjaga pola makan.

Salah satunya, memasukkan jambu biji, sayur, dan buah lainnya ke dalam menu makan harian.

Artikel Lainnya: Ini Dia Daftar Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes

11. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan seseorang mudah lelah, gampang haus dan lapar, serta sering buang air kecil di malam hari.

Untuk mencegah penyakit ini, kamu perlu meningkatkan konsumsi sayur dan buah, seperti jambu biji yang mengandung gula alami.

Satu studi pada jurnal Nutrition Metabolism mencatat bahwa minum teh daun jambu biji dan memakan buahnya bisa menurunkan kadar gula darah setelah makan. Efeknya ini dapat bertahan hingga dua jam.

Selain mencegah diabetes, manfaat jambu biji ini juga bisa didapatkan pengidap diabetes dalam mengelola gula darahnya agar tetap normal.

12. Mempercepat Penyembuhan Luka

Tutupi Luka dengan Perban

Jambu biji mengandung vitamin C yang tidak hanya memperkuat sistem imun saja. Vitamin ini juga melindungi sel tubuh dari kerusakan sekaligus mendukung pemulihan luka lebih cepat, misalnya luka karena gesekan atau jerawat.

Jadi, mempercepat pemulihan luka bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, seperti buah jambu biji.

13. Melawan Radikal Bebas

Jambu mengandung antioksidan yang tinggi. Dalam banyak penelitian, antioksidan dapat melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh.

Radikal bebas bisa berasal dari proses metabolisme tubuh, sinar ultraviolet, polusi, dan asap rokok. Jadi, mengonsumsi buah jambu bisa mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas.

14. Menurunkan Risiko Kanker

Paparan radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel yang bisa memicu sel menjadi abnormal. Sel yang abnormal berpeluang menjadi sel kanker.

Nah, antioksidan bisa mencegah kanker dengan melindungi sel dari kerusakan. Penelitian menggunakan ekstrak minyak daun jambu biji pada hewan dapat menghentikan perkembangan sel kanker.

Risiko penyakit kanker juga bisa diturunkan dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti buah jambu biji.

15. Melindungi Lambung

Asam Lambung Naik, Ini Gejala dan Solusinya (CHAjAMP/Shutterstock)

Buah jambu manis bersifat basa yang mencegah pertumbuhan bakteri, dan memiliki sifat desinfektan.

Fitokimia seperti karotenoid, vitamin C dan potasium bertindak sebagai desinfektan. Aktivitas dari jambu biji ini baik untuk kesehatan lambung karena mencegah terjadinya infeksi bakteri.

Sementara itu, ada juga manfaat jambu biji untuk asam lambung, yaitu untuk mencegah munculnya berbagai gejala maag.

16. Menyehatkan Kulit

Antioksidan seperti vitamin C sangat baik untuk kesehatan kulit.

Pasalnya, selain mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi, keduanya mendukung pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Manfaat antioksidan ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah, seperti jambu biji.

Artikel Lainnya: Makanan Bernutrisi yang Bikin Kulit Sehat

17. Baik untuk Ibu Hamil

Buah jambu biji ternyata punya manfaat baik untuk ibu hamil karena dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi hingga anemia. Belum lagi kandungan vitamin C yang ada di dalam jambu biji, dapat memperkuat sistem imun saat hamil.

Sangat banyak manfaat buah dan daun jambu biji untuk kesehatan, bukan? Untuk itu, cobalah untuk mengonsumsi buah ini secara rutin setiap hari.

Ingin mendapatkan lebih banyak artikel seperti untuk bantu #JagaSehatmu? Download aplikasi KlikDokter dan gunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi dokter lebih mudah dan cepat.

(NM)

Konsultasi Dokter Terkait