Diet dan Nutrisi

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

dr. Dina Kusumawardhani, 02 Feb 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bawang putih adalah bumbu dapur yang digunakan hampir di setiap masakan. Walaupun memiliki aroma yang menyengat, manfaat bawang putih tidak bisa kamu sepelekan. Berikut ulasannya.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

KlikDokter.com - Bawang putih merupakan salah satu bahan bumbu masakan yang digunakan di seluruh dunia untuk menambah cita rasa makanan. Meski dikenal memiliki aroma yang tajam, bawang putih ternyata sering digunakan untuk pengobatan sejak ratusan tahun yang lalu, lho.

Pada saat perang dunia ke-1, para prajurit menggunakan bawang putih sebagai antiseptik untuk mencegah infeksi, membersihkan luka, sampai mengobati disentri.

Lantas, apa saja manfaat bawang putih untuk tubuh manusia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Bawang putih telah digunakan untuk pengobatan pada perang dunia ke-1. Berdasarkan hal tersebut, mulai banyak ilmuwan yang meneliti manfaat dari bawang putih ini. Khasiat dari bumbu dapur yang satu ini tentu tidak terlepas dari kandungan-kandungan di dalamnya.

Bawang putih kaya akan vitamin B6, mangan, selenium, vitamin c, dan mineral lainnya. Kandungan Allicin/sulfur dalam bawang putih dipercaya sebagai zat kimia yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Zat ini juga yang menimbulkan bau tajam pada bawang putih.

Berbagai Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat bawang putih untuk kesehatan:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Hipertensi

Bawang putih merupakan salah satu herbal yang sering disebut untuk mencegah penyakit jantung, hipertensi, aterosklerosis. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 4 tahun menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi 900 mg bawang putih setap harinya memiliki risiko yang lebih rendah terkena serangan jantung dan stroke.

2. Menurunkan risiko kanker

Manfaat bawang putih berikutnya adalah menurunkan risiko penyakit kanker. Beberapa penelitian menunjukkan mereka yang mengonsumsi bawang putih mentah ataupun yang sudah dimasak memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker kolon, kanker lambung, dan kanker esofagus.

3. Anti radang dan anti infeksi

Kandungan sulfur pada bawang putih dipercaya sebagai zat yang dapat menghambat proses peradangan, misalnya pada penyakit kulit seperti psoriasis, jerawat, luka.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan pada bawang putih dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika kamu terkena flu, cobalah masukan 1 siung bawang putih yang sudah dicincang ke dalam satu gelas air hangat, diamkan selama 1 menit, tambahkan 1 sendok madu atau jahe untuk mengurangi bau, kemudian minum.

Artikel Lainnya: Yuk, Nikmati Manfaat Bawang Putih untuk Menunda Pikun

Cara Mengonsumsi Bawang Putih yang Terbaik

Lalu bagaimana cara mengkonsumsi bawang putih? Dimakan mentah atau dimakan dengan dimasak?

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih adalah dengan mengonsumsinya dalam keadaan mentah atau setengah matang. Bawang putih yang dimasak pada suhu panas dapat merusak dan menghilangkan kandungan Allicin sehingga manfaatnya untuk kesehatan juga akan berkurang.

Kamu dapat mengkonsumsi 2-4 siung bawang putih setiap harinya sebagai suplemen. Saat ini sudah tersedia ekstrak bawang putih dalam bentuk kapsul yang dapat dikonsumsi untuk menghindari bau tidak sedap saat dikonsumsi secara langsung. Bawang putih sangat aman untuk dikonsumsi.

Efek Samping Bawang Putih

Efek samping yang dapat timbul berupa perut kembung, bau mulut, dan bau badan. Selain itu, bawang putih juga dapat berinteraksi dengan beberapa obat seperti obat isoniazid (obat tuberculosis), kontrasepsi hormonal, obat pengencer darah (clopidogrel, aspirin), obat anti nyeri (NSAID), dan anti HIV.

Bawang putih telah digunakan sejak zaman dahulu untuk pengobatan. Meski memiliki aroma yang sangat menyengat, bawang putih ternyata memiliki segudang manfaat sehat untuk kamu.

Kamu bisa menggunakan layanan Tanya Dokter untuk berkonsultasi seputar konsumsi bawang putih.

Baca informasi menarik lainnya seputar kesehatan di aplikasi KlikDokter. Jangan lupa unduh aplikasinya, ya! 

Konsultasi Dokter Terkait