Sukses

Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan

Pernahkah Anda merasa nyeri pada pergelangan tangan Anda setelah mengetik dalam waktu lama? Atau pernahkah Anda mengalami rasa seperti kesemutan pada jari-jari tangan Anda setelah mengendarai motor dalam jarak jauh? Nah, berikut penjelasan gejala tersebut dari dr. Adithia Kwee disini

carpal tunnel syndromeKlikdokter.com - Pernahkah Anda merasa nyeri pada pergelangan tangan Anda setelah mengetik dalam waktu lama? Atau pernahkah Anda mengalami rasa seperti kesemutan pada jari-jari tangan Anda setelah mengendarai motor dalam jarak jauh?

Bila Anda mengalami hal seperti di atas, mungkin Anda terkena CTS. Apakah itu CTS ? CTS merupakan singkatan dari Carpal Tunnel Syndrome. Carpal  berarti pergelangan tangan.

Pergelangan ini dikelilingi sekelompok jaringan lunak yang berfungsi menyangga persendian. Ruang sempit antara jaringan lunak dan tulang-tulang pergelangan disebut carpal tunnel.

Pada terowongan karpal inilah terdapat serabut saraf yang mempersarafi tangan kita. Sindrom terowongan karpal ini terjadi bila terjadi peningkatan tekanan atau terjadi penekanan saraf di pergelangan tangan.

Apa itu carpal tunnel syndrome? Berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Carpal Tunnel Syndrome

carpal, tunnel, syndromeBila terjadi penekanan pada saraf tersebut maka dapat timbul rasa nyeri, sensasi seperti terbakar, atau rasa kesemutan terutama pada jari-jari tangan. Nyeri yang ditimbulkan terjadi terutama pada malam hari yang sering membuat penderita terbangun dari tidur karena merasakan sakit.

Posisi saat bekerja menggunakan tangan dalam keadaan posisi tidak benar dan berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan terjadinya sindroma ini. Untuk mencegahnya, posisikan tangan Anda dalam posisi yang benar saat bekerja. Bila bekerja menggunakan tangan dalam waktu lama sempatkan untuk mengistirahatkan tangan Anda sekitar 10 menit supaya tidak berada dalam posisi sama dalam waktu lama.

Bila Anda sudah terlanjur terkena sindrom ini, yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi penghilang nyeri dan obat anti inflamasi. Obat-obat ini dapat meringankan keluhan Anda. Selain itu sebaiknya Anda mengurangi aktivitas tangan Anda selama 7 – 10 hari. Terkadang intervensi bedah diperlukan untuk membebaskan saraf pergelangan yang terjepit.

0 Komentar

Belum ada komentar