HomeInfo SehatKesehatan UmumInilah Kenapa Makanan Pedas Bisa Berbahaya untuk Tubuh Anda
Kesehatan Umum

Inilah Kenapa Makanan Pedas Bisa Berbahaya untuk Tubuh Anda

dr. Mega Putri, 29 Des 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sudah tidak jarang kita mendengar cerita orang terkena diare (mencret) akibat makan makanan pedas. Jadi sehat atau tidak makanan pedas? Simak disini selengkapnya bersama dr. Mega Putri.

Inilah Kenapa Makanan Pedas Bisa Berbahaya untuk Tubuh Anda

KlikDokter.com – Sudah tidak jarang kita mendengar cerita orang terkena diare (mencret) akibat makan makanan pedas. Tapi apa membuat orang jera untuk memakannya lagi? Kebanyakan tidak. Justru sebagai orang Indonesia, makanan jika tidak didampingi sambal, akan seperti

Terdapat berbagai macam makanan khas Indonesia yang bercita rasa pedas. Contohnya mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, seperti keripik dan ikan balado. Banyak orang beranggapan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan. Namun perlu diketahui, bahwa makan makanan pedas secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Pedas pada makanan bisa didapat dari beberapa hal, yaitu cabai, jahe, dan merica. Cabai merupakan produk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan cita rasa pedas pada makanan. Dalam cabai terkandung Capsaicin, yang menyebabkan efek pedas pada makanan. Makin kecil ukuran cabai, makin pedas rasanya, karena mengandung makin banyak Capsaicin pada biji dan urat bagian dalamnya.

Lalu apa fungsi dan manfaat capcaisin bagi tubuh? Berikut penjelasannya:

Lalu apa fungsi dan manfaat capcaisin bagi tubuh?

Capsaicin bermanfaat menstimulasi otak untuk memproduksi endorphin, hormone ‘feeling so good’ yang tidak hanya berguna untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi juga mensupport mood yang baik. Selain itu, Capsaicin juga dapat menurunkan gula darah, kolesterol, dan menstimulasi produksi sel mukosa dalam sistem pencernaan.

Dibalik pedasnya cabai terkandung vitamin C dimana tiap 100g cabai mengandung sekitar 143,7 mikrogram vitamin C.Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air, sangat penting untuk sintesis kolagen, mencegah kulit kasar, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kemampuannya sebagai sumber antioksidan juga patut diakui karena mengandung vitamin A. Cabai juga kaya potassium, manganese, zat besi, dan magnesium. Potassium penting untuk komponen sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Manganese dan magnesium untukkofaktor enzim. Zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Terakhir, cabai juga mengandung vitamin B kompleks.

Rasa pedas bisa juga bermanfaat, namun bisa juga sebaliknya. Berikut ini dampak kesehatan dari makan makanan pedas: 

Makanan Pedas: Waspada Bagi Penderita Maag

Rasa pedas bisa juga bermanfaat, namun bisa juga sebaliknya. Rasa pedas pada cabai dapat mengiritasi mukosa tubuh seperti mukosa mata, bibir dan saluran pencernaan. Bagi para penderita maag atau dengan pencernaan yang sensitif, disarankan untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan pedas. Adakah batas bagi tubuh untuk mengkonsumsi makanan pedas? Sebenarnya tidak ada batasan dalam mengkonsumsi makanan pedas, karena ketahanan seseorang dengan orang lain akan berbeda. Misalnya ada yang tahan makan 10 cabai, namun ada juga yg tidak tahan walau makan cabai hanya 2 buah saja.

Pada penderita maag, pedas bisa menjadi musuh dalam selimut. Mereka diwanti-wanti untuk menghindari cabai karena sifatnya yang mengiritasi mukosa pencernaan. Meskipun secara ilmiah Capsaicin pada cabai masih menjadi kontroversi, dalam arti ada yang menyatakan baik bagi pencernaan, tapi ada pula yang berpendapat sebaliknya.

Jadi, Baik atau Buruk Capcaisin dari Cabai?

Penelitian di Jepang menyatakan bahwa Capsaicin pada cabai bisa menurunkan sekresi asam lambung melalui mekanisme blockade nervus vagus. Sementara penelitian di Belanda mengatakan cabai bisa melindungi lambung dari efek buruk aspirin.

Meskipun begitu, pasien dengan penyakit maag disarankan untuk tidak mengkonsumsi cabai secara berlebihan. Ditakutkan bisa mengakibatkan produksi asam lambung meningkat sehingga memicu timbulnya tukak pada lambung.

Akan tetapi, cabai bukanlah penyebab tukak pada lambung. Ada banyak faktor penyebab terjadinya tukak lambung. Bisa karena sekresi asam lambung yang berlebih, penurunan aliran darah lambung, pemakaian obat-obatan anti nyeri, alcohol, merokok, stress, atau infeksi dari kuman H.Pylori. Jadi bukan cabai yang menyebabkan tukak pada lambung, meskipun Capsaicin pada cabai sebaiknya dibatasi atau dihindari pada penderita maag (gastritis).

perutsakitPedasDiare

Konsultasi Dokter Terkait