Kesehatan Umum

Apa Itu Obat Generik Berlogo?

Tim Redaksi KlikDokter, 11 Des 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jika Anda masih menganggap obat generik sebagai obat kelas dua, atau kurang berkhasiat ketimbang obat bermerek, maka bacalah tulisan berikut ini.

Apa Itu Obat Generik Berlogo?

Klikdokter.com – Salah satu golongan obat yang dikenal luas oleh masyarakat adalah obat generik. Banyak orang yang menganggap obat generik sebagai obat kelas dua, atau kurang berkhasiat ketimbang obat bermerek. Ada pula yang menyalahartikan obat generik sebagai obat bagi kaum tak mampu.

Obat generik adalah obat yang telah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti.

Ada dua jenis obat generik, yaitu obat generik bermerek dagang dan Obat Generik Berlogo (OGB) yang dipasarkan dengan merek kandungan zat aktifnya.

Apa itu Obat Generik Berlogo? Berikut penjelasannya:

Apa itu Obat Generik Berlogo?

Obat Generik Berlogo (OGB) merupakan program Pemerintah Indonesia yang diluncurkan pada 1989 dengan tujuan memberikan alternatif obat bagi masyarakat, yang dengan kualitas terjamin, harga terjangkau, serta ketersediaan obat yang cukup.

Bedanya OGB dengan obat bermerek lain adalah OGB tidak ada biaya promosi, sehingga harganya sangat terjangkau dan mudah didapatkan masyarakat.

OGB mudah dikenali dari logo lingkaran hijau bergaris-garis putih dengan tulisan "Generik" di bagian tengah lingkaran. Logo tersebut menunjukan bahwa OGB telah lulus uji kualitas, khasiat dan keamanan sedangkan garis-garis putih menunjukkan OGB dapat digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat.

obatMurahGenerik

Konsultasi Dokter Terkait