Sukses

Tips Menjaga Daya Ingat

Pada prinsipnya daya ingat dapat dipelihara dengan baik. Meskipun tidak dapat dipungkiri daya ingat dapat mengalami penurunan performa akibat dari beberapa kondisi gangguan tubuh, contohnya seperti dementia. Apa itu dementia dan bagaimana pencegahannya? Simak selengkapnya bersama dr. Nadia Octavia disini.

daya ingat memoriKlikDokter.com - Seiring dengan bertambahnya usia, banyak orang menganggap bahwa kehilangan daya ingat merupakan suatu proses yang normal dalam penuaan. Seseorang yang menderita dementia (pikun) dapat berkurang fungsi intelektualnya, mengalami perubahan serius dengan daya ingat, kepribadian dan tingkah laku sehingga berpengaruh dengan aktivitasnya sehari -hari.

Kepikunan akibat penuaan (dementia) acapkali sulit dihindari. Karena sebagaimana kita ketahui, hal tersebut merupakan bagian dari proses penuaan yang diikuti oleh kondisi menurunnya performa beberapa organ tubuh seiring bertambahnya usia. 

Pada prinsipnya daya ingat dapat dipelihara dengan baik. Meskipun tidak dapat dipungkiri daya ingat dapat mengalami penurunan performa akibat dari beberapa kondisi gangguan tubuh.

Apa sajakah pemicunya? Klik 'next' untuk selanjutnya.

 

1 dari 4 halaman

Penyebab Dementia

daya ingat memoriTerdapat beberapa penyebab dementia, diantaranya:

Untuk menjaga daya ingat tetap baik, dapat dilakukan dengan berbagai aktivitas mental yang mengasah otak.

Otak yang aktif akan menghasilkan hubungan baru diantara sinaps saraf sehingga berpengaruh pada daya ingat.

Hal-hal apa saja yang dapat dilakukan guna mengasah otak? 

Klik 'next' untuk selanjutnya.

2 dari 4 halaman

Aktivitas Mengasah Otak yang Dapat Membantu Daya Ingat

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengasah otak:

  • Melakukan hobi seperti: melukis, menjahit, memasak, dll;
  • Belajar bahasa asing;
  • Membaca;
  • Belajar memainkan alat music;
  • Bermain teka-teki silang;
  • Berinteraksi dengan orang baru;
  • Menjadi sukarelawan.

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, dementia acapkali sulit dihindari. Meskipun demikian ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam merubah kebiasaan sehari-hari guna mencegah terjadinya kepikunan. Untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk pencegahan dementia, ada baiknya kita sekaligus mengetahui faktor risiko penyebab dari dementia itu sendiri. 

Apa sajakah faktor risiko dementia? Klik 'next' untuk selanjutnya.

3 dari 4 halaman

Pencegahan Dementia

Selain itu untuk menghindari risiko dementia, dapat dilakukan pencegahan:

  1. Berhenti merokok : Para perokok memiliki risiko lebih tunggu untuk terjadi dementia dibandingkan mereka yang tidak merokok
  2. Aktif secara fisik : Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak dan bisa mendukung pertumbuhan sel di otak. Dianjurkan untuk berolahraga paling tidak 30 menit dalam sehari.
  3. Hindari trauma kepala : Trauma kepala akan meningkatkan risiko terjadinya Alzheimer. Oleh karena itu selalu lindungilah kepala dari kemungkinan trauma, misalnya: memakai helm saat akan mengendarai motor atau sepeda.
  4. Periksa kesehatan secara berkala

Seiring dengan bertambahnya usia, kontrolah secara rutin ke dokter, terutama kontrol tekanan darah, kadar kolesterol dan kadar gula darah. Diskusikan juga dengan dokter mengenai strategi untuk mencegah kehilangan daya ingat.

Baca juga:

5 Manfaat Sehat Tertawa

Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Rontok

0 Komentar

Belum ada komentar