Sukses

5 Manfaat Sehat Tertawa

Apakah Anda tertawa setiap hari? Berapa sering Anda tertawa dalam sehari? Apakah Anda tahu efek tertawa bagi kesehatan? Yuk simak selengkapnya disini bersama dr. Jessica Florencia.

Klikdokter.com - Apakah Anda tertawa setiap hari? Berapa sering Anda tertawa dalam sehari? Apakah Anda tahu efek tertawa bagi kesehatan?

Pada saat kita tertawa, banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh kita yang dapat mendukung kesehatan kita. Pada saat tertawa, otot-otot wajah dan tubuh berkontraksi, tekanan darah dan denyut jantung meningkat, dan kita bernapas lebih cepat. Kesemua ini merupakan mekanisme tubuh yang baik untuk menyalurkan oksigen dalam tubuh kita.

Namun bukan itu saja yang terjadi, saat tertawa, terjadi banyak hal menarik terjadi dalam tubuh, berikut diantaranya:

1 dari 2 halaman

Tertawa dan Kesehatan Tubuh

Namun bukan itu saja yang terjadi, saat tertawa, terjadi banyak hal menarik terjadi dalam tubuh, berikut diantaranya:

  1. Aliran darah yang lebih baik. Efek menonton film komedi dibanding film drama pada tubuh yang diteliti ternyata menunjukkan bahwa penonton film komedi memilliki aliran darah yang lebih baik ketimbang mereka yang menonton film drama.
  2. Sistem pertahanan tubuh (imunitas) yang lebih baik. Tertawa juga telah diteliti dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga dapat lebih mudah melawan infeksi.
  3. Kadar gula darah yang lebih rendah. Pada suatu penelitian juga didapatkan bahwa setelah makan, pada kelompok orang yang menonton komedi dan tertawa, kadar gulanya lebih rendah ketimbang pada kelompok orang yang tidaktertawa.
  4. Relaksasi dan tidur yang lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa setelah tertawa, tubuh seseorang menjadi lebih rileks sehingga lebih mudah untuk tidur.
  5. Memori yang lebih baik. Pada orang-orang tua yang tertawa dengan rutin didapatkan memori yang lebih baik.

Karena alasan-alasan inilah, tertawa dapat dijadikan salah satu terapi yang baik untuk menjaga kesehatan dan juga mempercepat penyembuhan. Untuk itu, jangan tunggu lebih lama lagi, lebih banyaklah tertawa! Tentu saja asal jelas alasannya dan buka tertawa sendiri tanpa sebab atau tertawa atas penderitaan orang lain. Selamat tertawa!

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar