Sukses

4 Penyebab Meninggal Mendadak

Apa saja penyebab kematian mendadak pada manusia? Mari kita lihat satu per satu bersama dr. Alvin Nursalim disini.

KlikDokter.com - Pasti Anda pernah mendengar berita dimana seorang meningggal mendadak. Kematian mendadak dapat terjadi pada semua orang, baik usia tua maupun muda. Bahkan sosok manusia yang segar bugar sekalipun sekelas atlit, dapat mengalami kematian ketika sedang bertanding, bisa saja terjadi akibat kecelakaan yang tidak diinginkan, atau bahkan oleh kondisi meninggal seketika.

Kematian mendadak merupakan kejadian yang dapat terjadi di manapun. Sebanyak 360,000 kematian mendadak terjadi di Amerika Serikat. Penyebab kematian mendadak pada manusia dilatarbelakangi oleh beberapa pemicu dan faktor.

Apa saja penyebab kematian mendadak pada manusia? Mari kita lihat satu per satu.

1 dari 3 halaman

Beberapa Penyebab Kematian Mendadak:

mait, mendadak1. Kardiomiopati

Kardiomiopati adalah sebuah keadaan dimana otot jantung menjadi lebih tebal dan menyebabkan jantung mengalami kesulitan untuk memompa darah. Kelainan ini merupakan penyebab kematian mendadak yang paling umum pada individu  dengan usia dibawah 30 tahun.

2. Kelainan arteri koroner.

Arteri koroner dapat saja mengalami hubungan yang tidak normal. Sehingga ketika beraktivitas berat seperti berolah raga, arteri akan terkompres dan tertutup. Hal ini dapat menyebabkan penurunan darah ke otot jantung. Selain itu, kelainan pembuluh arteri koroner yang dapat menyebabkan kematian mendadak adalah penyakit jantung koroner akibat plak atherosklerosis. Plak atherosklerosis adalah sumbatan pembuluh darah koroner oleh plak lemak. Jika plak lemak ini pecah, maka akan terjadi sumbatan pembuluh darah dan menyumbat aliran darah ke otot jantung. Hal ini dapat menyebabkan kematian mendadak.

2 dari 3 halaman

Penyebab Lainnya Kematian Mendadak

3. Gangguan irama Jantung

Jantung seharusnya memiliki irama yang teratur. Namun jika irama tidak terjadi secara teratur maka pemompaan darah menjadi tidak efektif. Salah satu kelainan irama yang umum ditemui pada kematian mendadak adalah long QT syndrome. Kelainan ini akan menyebabkan jantung berdetak secara berantakan dan menyebabkan seorang pingsan seketika. Kondisi ini merupakan keadaan yang mengancam nyawa dan membutuhkan penanganan yang serius.

4. Commotio cordis

Commotio cordis adalah penyebab kematian yang diakibatkan pukulan pada dada. Pukulan pada bagian dada oleh tangan atau benda lain dapat menyebabkan gangguan irama jantung. Pukulan dengan kekuatan dan pada waktu yang tepat dapat menyebabkan gangguan irama jantung bernama fibrilasi ventrikel. Kondisi ini jika tidak ditangani dengan cepat, dapat menyebabkan kematian.

Penyebab kematian mendadak kadang sulit untuk dideteksi. Namun Anda harus waspada jika Anda memiliki keluhan seperti perasaan pusing, atau ingin pingsan saat berolah raga. Selain itu, jika Anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat kematian mendadak, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan secara menyeluruh.

0 Komentar

Belum ada komentar