HomeInfo SehatKesehatan UmumPosisi Tidur Mana yang Terbaik?
Kesehatan Umum

Posisi Tidur Mana yang Terbaik?

dr. Dina Kusumawardhani, 12 Nov 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sulit dipungkiri, ternyata posisi tidur mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah penjelasan dari dr. Dina Kusumawardhani mengenai beberapa posisi tidur dan dampaknya pada kesehatan tubuh Anda disini.

Posisi Tidur Mana yang Terbaik?

Klikdokter.com – Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Terkadang muncul pertanyaan bagaimanakah posisi yang baik dan benar saat tidur. Posisi tidur yang salah ternyata dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Karena sulit dipungkiri juga, ternyata posisi tidur juga mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa posisi tidur dan hubungannya dengan manfaat ataupun dampak kesehatan ke tubuh Anda.

1. Tidur Miring

posisi tidur miring kesehatan``Ini merupakan posisi tidur yang paling umum. Sekitar 57% manusia memulai tidur dengan posisi ini. Tidur miring merupakan posisi yang ideal bagi mereka yang menderita refluks asam lambung (gastroesophageal reflux disease/GERD) atau nyeri punggung.

Bagi yang suka mendengkur posisi ini dapat mengurangi suara dengkuran. Bagi ibu hamil, posisi tidur terbaik adalah miring ke kiri untuk meningkatkan aliran darah ke uterus. Namun, tidur dengan posisi miring akan meningkatkan tekanan pada bagian paha dan pundak sehingga dapat menyebabkan nyeri pada leher.

2. Tengkurap

posisi tidur tengkurapPosisi tidur seperti ini sering kali menimbulkan banyak masalah kesehatan, seperti nyeri punggung dan leher.

Selain itu, posisi ini juga bisa memicu munculnya kerutan pada wajah.

Namun posisi ini bagus bagi mereka yang sering mendengkur saat tidur karena membantu membuka jalan napas.

Meskipun demikian sangat tidak dianjurkan bagi yang memiliki riwayat asma atau masalah pernapasan lainnya. 

3. Terlentang

tidur terlentang sehatPosisi tidur terlentang dikatakan sebagai posisi tidur terbaik.

Saat tubuh terlentang, akan membuat kepala, leher, tulang belakang pada posisi netral tanpa tekanan lebih pada tulang belakang.

Tidur terlentang juga dapat mencegah keriput karena tidak menekan wajah ke bantal.

tidursehatPosisi

Konsultasi Dokter Terkait