Sukses

Jangan Abaikan Kaku di Pagi Hari

Pernahkah Anda bangun di pagi hari dan dilanda nyeri dan kekakuan yang luar biasa? Kekakuan ini biasanya terjadi dalam rentang 30 menit sampai satu jam, kemudian Anda merasa semuanya mulai baik-baik saja? Waspadalah. Simak apa kata dr. Adithia Kwee disini mengenai kaku di pagi hari.

Klikdokter.com - Pernahkah Anda bangun di pagi hari dan dilanda nyeri dan kekakuan yang luar biasa? Kekakuan ini biasanya terjadi dalam rentang 30 menit sampai satu jam, kemudian Anda merasa semuanya mulai baik-baik saja? Waspadalah.

 

Kekakuan pada sendi terutama pada pagi hari mengerucutkan kita kepada dua penyakit yang akhir-akhir ini meningkat angka kejadiannya, yakni:

  •  Rheumatoid arthritis atau dikenal luas dengan rematik, dan satu lagi adalah;
  • Ankylosing spondylitis.

Nah, khusus ankylosing spondylitis sangat jarang diketahui masyarakat luas. Sama seperti rheumatoid arthritis, ankylosing spondylitis juga tak ubahnya adalah penyakit auto-imun yang menyerang persendian, terutama persendian panggul dan tulang belakang.

Apa itu Ankylosing SpondylitisAnkylosing Spondylitis adalah:  

1 dari 2 halaman

Apa itu Ankylosing Spondylitis? Ankylosing Spondylitis Adalah:

Peradangan pada persendian ini jika berlangsung secara kronik atau jangka panjang seringkali menimbulkan kerusakan yang permanen, yang dikenal dengan bamboo spine, atau tulang belakang yang seperti bambu. Dikatakan demikian karena si penderita  tak lagi leluasa dalam menggerakan batang tubuhnya, kaku seperti bambu.

Penyakit ini memiliki gejala khas selain kaku pada pagi hari, yaitu semakin kita beraktivitas terutama yang menggerakkan persendian, rasa nyeri biasanya mereda, karena itulah meregangkan badan atau stretching menjadi sangat penting bagi pasien ankylosing spondylitis. Jika Anda mengalami kekakuan pada pagi hari, segera tindaklanjuti, karena semakin terlambat ditangani, perburukan penyakit dipastikan terjadi.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar