HomeInfo SehatKankerLimfoma, Ketika Sel Pertahanan Tubuh Menjadi Ganas
Kanker

Limfoma, Ketika Sel Pertahanan Tubuh Menjadi Ganas

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 15 Sep 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sejak 2004, tanggal 15 September senantiasa diperingati sebagai Hari Peduli Limfoma Sedunia. Di Indonesia sendiri, belum banyak yang mengetahui serba-serbi limfoma, yuk update pengetahuan limfoma Anda disini bersama dr. Alvin Nursalim.

Limfoma, Ketika Sel Pertahanan Tubuh Menjadi Ganas

Klikdokter.com - Setiap manusia memiliki sel pertahanan tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit. Sel darah yang berfungsi untuk melakukan hal ini adalah limfosit. Namun, apabila sel darah ini berkembang dengan tidak normal maka akan menyebabkan gangguan pada sistem tubuh manusia.

Apa itu limfoma?

Limfoma adalah keganasan pada kelenjar getah bening, yang berisi sel-sel yang berperan dalam imunitas tubuh, seperti sel B, sel T dan histiosit. Limfoma terbagi menjadi dua yaitu yaitu Hodgkin's Disease/penyakit Hodgkin (PH) dan Non-Hodgkin Lymphoma/limfoma non Hodgkin (LNH). Keduanya dibedakan berdasarkan temuan pada pemeriksaan patologi anatomi dari jaringan hasil biopsi.

Apa yang menyebabkan limfoma?

Apa yang Menyebabkan Limfoma?

Peneliti masih berusaha untuk mencari penyebab dari keganasan ini. Namun ada beberapa faktor risiko dalam terjadinya limfoma. Beberapa faktor risiko tersebut diantaranya adalah: umur (limfoma non Hodgkin ditemukan umumnya pada usia di atas 60 tahun), bahan kimia dan radiasi, penyakit autoimun, dan infeksi.

Apa saja gejala limfoma?

Terdapat beberapa gejala dari limfoma. Berikut adalah gejala limfoma yang umum ditemui:

  • Limfadenopati adalah pembesaran kelenjar getah bening
  • Demam
  • Keringat malam
  • Kehilangan berat badan
  • Anoreksia
  • Kelelahan

Pemeriksaan apakah yang dapat dilakukan untuk mendeteksi kelainan ini?

Pemeriksaan Apakah yang Dapat Dilakukan untuk Mendeteksi Kelainan Ini?

Setelah dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh seorang dokter, terdapat beberapa pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan untuk menunjang diagnosis. Pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan biopsi untuk mengambil sedikit dari jaringan limfoma, dan memastikan tipe dari limfoma. Selain itu pemeriksaan seperti CT Scan, atau MRI dapat juga dilakukan untuk membantu penentuan stadium keganasan.

Bagaimana Penanganan Limfoma?

Penanganan limfoma, layaknya pada kanker jenis lainnya, bergantung pada stadium penyakit. Terapi yang biasanya dilakukan pada kasus limfoma adalah pengobatan dengan kemoterapi yang dikombinasi dengan radiasi. Semakin tinggi tingkat keganasan limfoma, maka semakin rendah kemungkinan kesembuhan. Kasus limfoma yang sudah sembuh, juga dapat mengalami kekambuhan. Jika memang Anda ingin tau mengenai Limfoma, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter

LeherBenjolanHari Peduli Limfoma SeduniaLimfoma

Konsultasi Dokter Terkait