Sukses

Seputar Tato yang Perlu Anda Ketahui

Tahukah Anda, sebenarnya ada risiko dan konsekuensi kesehatan tubuh yang dapat ditimbulkan jika melakukan pembuatan tato? Berikut ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perlu tahu mengenai tato dan kesehatan tubuh oleh dr. Dewi Ema Anindia disini.

Klikdokter.com – Seiring dengan perkembangan jaman, semakin marak kita melihat orang-orang yang memiliki tato di tubuh. Ada beberapa jenis tato yang sekarang ada di dunia, ada tato untuk kecantikan seperti tato alis dan tato bibir. Ada juga tato adat, biasanya digunakan untuk pertanda dalam suatu adat tertentu. Ada tato professional, tato yang sering dilakukan oleh banyak orang, yaitu tato yang digambar oleh seniman tato.

Tato merupakan suatu tanda atau desain yang dibuat pada kulit Anda dengan pigmen-pigmen yang dimasukkan melalui tusukan pada lapisan atas kulit. Biasanya para seniman tato menggunakan mesin yang serupa dengan mesin jahit dengan 1 atau lebih jarum untuk menusuk kulit. Pada setiap tusukan, jarum-jarum tersebut akan memasukkan tetesan tinta. Proses tersebut berlangsung tanpa dilakukan anestesi sehingga dapat menimbulkan perdarahan dan rasa nyeri.

Tahukah Anda, sebenarnya ada risiko dan konsekuensi kesehatan tubuh yang dapat ditimbulkan jika melakukan pembuatan tato?

1 dari 3 halaman

Efek Samping dari Membuat Tato

tato bahayaBerikut terlampir juga beberapa efek samping dari tato :

  • Infeksi: Pada keadaan yang sangat buruk, misalnya menggunakan jarum bekas, Anda bisa memiliki resiko tertular virus HIV atau[un hepatitis C. Anda juga bisa memliki resiko terinfkesi kuman MRSA, impegtigo, infeksi bakteri stafilokokus, selulitis, ataupun infeksi kulit dalam.
  • Reaksi Alergi: Ada beberapa orang yang alergi terhadap tinta tato. Hal ini paling sering terjadi pada tinta merah. Reaksi alergi yang dapat muncul berupa bengkak atau gatal.

Infeksi pada kulit termasuk salah satu efek samping yang perlu diperhatikan dengan serius karena sumbernya tidak hanya dari alat saja. Sumber infeksi pada pembuatan tato terdapat pada tempat pembuatannya, peralatannya dan juga tinta tatonya. Meskipun tempat pembuatan tatonya bersih, alat-alatnya steril, namun kuman penyebab infeksi bisa saja terdapat pada tintanya.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat tato:

2 dari 3 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Tato:

Nah, berikut ini beberapa tips yang penting saat Anda hendak melakukan tato.

  • Hindari mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang saat Anda ingin membuat tato.
  • Jangan membuat tato saat Anda sakit
  • Pastikan semua jarum yang digunakan steril, dan bukan bekas orang
  • Pastikan klinik/studio/salon tempat Anda mau melakukan tato memiliki alat steril untuk mengsterilkan alat-alat.
  • Pastikan yang menggambar tato Anda menggunakan sarung tangan dan mencuci tangan.
  • Pastikan ruangan kerja bersih.
  • Catat semua jenis keterangan untuk tato, seperti warna tinta, nomor tinta dan sebagainya.
  • Dan ingat untuk selalu mengikuti aturan untuk penyembuhan tato. 

0 Komentar

Belum ada komentar