HomeGaya hidupDiet dan NutrisiBenarkah Apel Membuat Anda Sehat?
Diet dan Nutrisi

Benarkah Apel Membuat Anda Sehat?

dr. Dewi Ema Anindia, 11 Agu 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tentu Anda pernah dengar perkataan ?An Apple A Day Keeps The Doctors Away?? Benarkah pernyataan tersebut? Simak penjelasan argumen selengkapnya bersama dr. Dewi Ema Anindia disini.

Benarkah Apel Membuat Anda Sehat?

Tentu Anda pernah dengar perkataan “An Apple A Day Keeps The Doctors Away?” yang memliki arti bahwa bila Anda mengkonsumsi 1 buah apel setiap harinya maka Anda tidak akan sakit. Kenapa ada perkataan seperti ini? Ternyata buah apel memiliki banyak sekali keuntungan untuk tubuh, apa sajakah keuntungannya?

1. Apel Menurunkan Kadar Kolestrol

1 buah apel mengandung 4 gram serat. Serat itu banyak dalam bentuk pectin. Serat ini telah terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol LDL atau kolestrol jahat.

2. Apel Membuat Kenyang

Apel mengandung serat yang banyak sehingga dapat membuat Anda kenyang tanpa adanya masukan kalori yang banyak, di dalam apel hanya teradapat 95 kalori. Kekenyangan ini terjadi karena dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna serat yang kompleks dibandingkan dengan serat yang tidak kompleks seperti gula.

3. Apel Dapat Membuat Kurus

Satu kandungan apel yang dinamakan ursolic acid mengandung banyak sekali serat, yang dikaitkan dengan menurunkan risiko obesitas.

4. Apel Mencegah Gangguan Pernafasan

4 sampai 5 apel dalam seminggu telah dikatikan degan perbaikan fungsi paru-paru oleh karena anti-oksidant yang dinamakan quercetin yang ditemukan di kulit apel.

5. Apel Mencegah Flu

Apel telah disebutkan menjadi sumber daya tahan tubuh yang baik dimana dapat meningkatkan jumlah vitamin C.

6. Apel Mencegah Kanker

Pada tahun 2004, peneliti perancis menemukan bahwa ada kandungan dalam apel yang dapat mencegah kanker usus. Pada tahun 2007 sebuah studi dari cornel menemukan kandungan triterpenoids dalam apel yang terbukti dapat mencegah kanker hati, kanker usus dan kanker payudara.

Nah, setelah baca artikel ini memang terbukti bahwa apel memang memiliki banyak keuntungan terhadap kesehatan kita, oleh karena itu cobalah mulai sekarang untuk mengkonsumsi apel!

buahsehatdokterSeratApel

Konsultasi Dokter Terkait