HomeInfo SehatKulitRambut Rontok? Ini Sebabnya!
Kulit

Rambut Rontok? Ini Sebabnya!

Tim Redaksi KlikDokter, 10 Mei 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apakah Anda mengalami rambut rontok? Apakah yang menyebabkan rambut Anda rontok? Pernahkah Anda menghitung berapa helai rambut Anda yang rontok setiap harinya? Yuk simak lebih lanjut penjelasan dari dr. Adithia Kwee disini.

Rambut Rontok? Ini Sebabnya!

Klikdokter.com - Apakah Anda mengalami rambut rontok? Apakah yang menyebabkan rambut Anda rontok? Pernahkah Anda menghitung berapa helai rambut Anda yang rontok setiap harinya? Kerontokan rambut yang mencapai 100 helai perhari masih dianggap wajar. Kerontokan rambut pasti sangat sering terjadi di sekitar kita. Rontoknya rambut yang berlebihan tentunya akan membuat Anda cemas dan akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari terutama karena mengganggu penampilan sehingga akan mengurangi rasa percaya diri Anda.

Rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satunya adalah faktor keturunan. Bila Anda memiliki riwayat keluarga dengan rambut rontok, dapat dipastikan Anda pun akan memiliki kecenderungan untuk mengalami hal serupa. Stres psikologik juga dapat menyebabkan timbulnya masalah ini. Banyak pikiran karena masalah pekerjaan, keluarga, atau hubungan asmara harus pandai Anda atasi karena ternyata berpengaruh buruk terhadap kesehatan rambut Anda. Kerontokan juga dapat disebabkan karena konsumsi obat-obatan contohnya pada kemoterapi karena kanker. Obat kemoterapi yang menyerang sel-sel kanker ternyata juga menyerang sel-sel lain pada tubuh kita salah satunya yaitu sel folikel rambut.

Rambut Rontok? Ini Penyebabnya!

Kebiasaan menguncir rambut terlalu kencang juga dapat menimbulkan masalah kerontokan. Diet yang kita konsumsi pun juga ternyata berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Kurangnya konsumsi protein dan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok. Seiring bertambahnya usia, kerontokan juga sering terjadi karena semakin tipisnya ranbut yang tumbuh sehingga mudah rusak. Kerontokan juga dapat terjadi akibat penyakit tiroid baik itu kekurangan hormon tiroid ataupun kelebihan hormon tiroid.\

Perhatikan kesehatan rambut Anda sebelum terlambat. Jangan tunggu hingga kepala Anda botak. Cari pertolongan dokter segera jika anda rasa kerontokan yang terjadi sudah tidak wajar.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

Rambut Rontok

Konsultasi Dokter Terkait